Selasa, 31 Januari 2023
Selasa, 31 Januari 2023

Polsek Gunungsari Antisipasi Kecurangan dalam Pembagian Bansos

GIRI MENANG-Polsek Gunungsari memperketat pengawasan dalam pembagian bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat. Itu dilakukan untuk mencegah terjadinya kecurangan, termasuk juga mengantisipasi gangguan-gangguan keamanan.

Kapolsek Gunungsari AKP Agus Eka Artha Sudjana mengatakan, pencairan bansos memang rawan disalahgunakan. Karena itu, aparat keamanan hadir dalam rangka memastikan, bahwa pelaksanaanya berjalan aman dan lancar, tanpa ada gangguan sedikit pun.

“Dalam pengawasan pembagian bantuan, kami juga sekaligus memberikan pesan-pesan Kamtibmas dan mengimbau agar tetap menjalankan protokol kesehatan untuk mengantisipasi munculnya jenis varian baru Covid-19,” ujar Agus Eka.

Sejauh ini, belum ada gangguan keamanan. Pembagian bansos berjalan tertib, dan tidak antrean warga. “Tetapi kami harus terus hadir sebagai wujud kehadirian polri dalam memberikan pelayanan yang presisi kepada masyarakat,” tutupnya.

Baca Juga :  Bupati Lobar Minta Bantuan Dubes Promosikan Senggigi

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Lobar Lalu Martajaya mengaku, saat ini ada beberapa jenis pencairan bansos yang digelontorkan kepada masyarakat. Seperti BLT BBM, program sembako, dan PKH, baik untuk tahap I dan tahap II.

Martajaya mengaku, Keluarga penerima manfaat (KPM) BLT BBM di Lobar seluruhnya mencapai 75.419 orang. Sedangkan penerima program sembako sebanyak 64.789. “Pencairannya berjalan lancar, dan tanpa kendala,” ujarnya.

Dia mengaku, masyarakat sangat diuntungkan dengan pencairan saat ini. Sebab, tidak sedikit KPM yang tercover sebagai penerima beberapa jenis bansos. Di samping sebagai penerima BLT BBM, mereka juga tercover dalam program sembako dan PKH.

“Sehingga masyarakat bisa menerima hingga jutaan rupiah. Kalau tahap I pencairan BLT BBM untuk dua bulan sebesar Rp 300 ribu, dan program sembako satu bulan, Rp 200 ribu. Berarti total (yang diterima) Rp 500 ribu. Itu tahap I saja, belum dihitung tahap kedua,” kata Martajaya.

Baca Juga :  Rocky Hidupkan Senggigi, Babe Haikal Minta Warga Hindari Serangan Fajar

BLT BBM tahap II langsung dicairkan untuk dua bulan. Sedangkan program sembako di tahap II ini dicairkan tiga bulan sekaligus sehingga KPM menerima Rp 600 ribu. “Sehingga pencairan bansos ini sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan masyarakat,” tambahnya. (cr-bib/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks