Selasa, 31 Januari 2023
Selasa, 31 Januari 2023

30 Masjid dan 30 Musala di Lobar Terima Bansos

GIRI MENANG-Sebanyak 30 masjid dan 30 musala di Lombok Barat (Lobar) yang menerima bantuan sosial dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lobar. Saat ini keuangan tersebut masih dalam tahap penyaluran.

Ketua Baznas Lobar TGH M. Taesir Al-Azhar mengaku, akhir Desember nanti ditargetkan sudah disalurkan semua. Dia mengaku, keuangan tersebut berasal dari dana yang dikumpulkan di Baznas. “Total dana yang kita salurkan untuk bansos sebesar Rp 1,1 miliar,” terangnya.

Di samping diberikan ke sejumlah masjid dan musala, juga diberikan untuk beasiswa, usaha bakulan, merbot, dan guru ngaji. Masjid mendapatkan Rp 7,5 juta, musala Rp 5 juta, dan usaha bakulan masing-masing Rp 500 ribu.

Baca Juga :  Delapan Rumah Korban Banjir di Kecamatan Gunung Sari Belum Diperbaiki

Bantuan ini merupakan penyaluran yang ketujuh yang dilakukan oleh Baznas Lombok Barat setelah dilakukan di Kecamatan Sekotong, kemudian selanjutnya akan disalurkan di wilayah Gunungsari dan Batulayar.

Tuan Guru Taesir menerangkan, penerimaan dana di Baznas yang berasal dari zakat, infaq, dan shadaqah tahun ini mengalami peningkatan. Pada tahun sebelumnya Baznas Lobar hanya mengelola Rp 4 miliar sampai Rp 5 milliar, kini meningkat menjadi Rp 8 miliar.

“Insyaallah tahun depan target Rp 10 milliar dapat tercapai dalam setahun, mohon do’a dan dukungannya,” ujar Taesir.

Meningkatnya dana yang terkumpul itu tidak lepas dari terbitnya Peraturan Bupati (Perbup) nomor 41 tahun 2022. Setelah perbup keluar, Baznas Lobar gencar melakukan sosialisasi zakat di lembaga-lembaga vertikal, hingga ke kepala desa.

Baca Juga :  Harga Bahan Pokok Tak Kunjung Stabil

“Ke depan, sosialisasi kepada muzzaki terus digencarkan. Dengan cara itu, bukan mustahil akan semakin besar dana yang terkumpul. Kemudian itu akan disalurkan kembali kepada masyarakat. “Tugas Baznas Itu hanya dua, yakni mengumpulkan dan menyalurkan,” ujarnya. (cr-bib/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks