Selasa, 31 Januari 2023
Selasa, 31 Januari 2023

PJ Sekda Lobar: Warga Lobar Diimbau Jaga Kelestarian Lingkungan

GIRI MENANG-Masyarakat Lombok Barat, terutama mereka yang tinggal di daerah rawan bencana diimbau untuk memelihara kelestarian lingkungannya. Jangan sampai pohon-pohon yang sudah ada ditebang begitu saja.

Hal ini disampaikan Pj Sekda Lobar H. Ilham. Menurutnya, masyarakat perlu menggalakkan kegiatan penghijauan. Lahan-lahan gundul sebaiknya ditanami pohon. “Bukan malah menebangnya. Itu namanya merusak alam,” terangnya.

Terkait dengan hal ini, pemerintah selalu memberikan pemahaman kepada masyarakat. Edukasi tentang penghijauan terus dilakukan. “Sosialisasi dan edukasi di daerah rawan bencana ini untuk mencegah bencana, terutama banjir dan longsor,” ungkapnya.

Kegiatan penghijauan ini dimasukkan dalam program mitigasi pemerintah daerah.  Di samping itu, pemerintah juga telah membuat peta daerah rawan bencana melalui kajian resiko bencana. “Kami juga terus berkoordinasi dengan berbagai stakeholder untuk pemasangan papan peringatan daerah rawan bencana,” papar Ilham.

Baca Juga :  Kecamatan Sekotong Masih Banyak Blank Spot

Selian itu, ada juga upaya mitigasi struktural dengan penguatan tebing sungai dan lereng. Misalnya dengan pembangunan talud dan bronjong. “Itu bentuk antisipasi bencana banjir dan longsor. Sedangkan antisipasi kekeringan, pemerintah telah  membuat sumur bor,” tambahnya.

Dengan begitu, terang Ilham, Pemkab Lobar telah memiliki upaya mitigasi bencana. Diharapkan, upaya tersebut akan meminimalisir terjadinya bencana. “Desa tangguh bencana dan pengembangan sistem peringatan dini bencana juga sudah berjalan,” pungkas Ilham. (cr-bib/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks