alexametrics
Sabtu, 20 Agustus 2022
Sabtu, 20 Agustus 2022

Disdukcapil ‘Buru’ Kaum Milenial

MATARAM-Pemilu 2019 tinggal hitungan hari. Perekaman e-KTP terus dikebut oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Mataram. Disdukcapil menyasar pemilih pemula yang baru berusia 17 tahun beberapa hari sebelum maupun saat pencoblosan.

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Dinas Dukcapil Kota Mataram Hasmin mengatakan, potensi pemilih pemula yang berasal dari kaum milenial diperkirakan mencapai 5 ribu jiwa. Sementara dari catatannya, yang sudah melakukan perekaman baru 4 ribu jiwa. “Sisanya yang seribu, ini yang terus kami kebut,” terangnya, kemarin (5/4).

Perekaman e-KTP pun kian gencar dilakukan agar pemilih pemula bisa ikut berpartisipasi dalam memberikan hak suaranya. Hal ini juga sebagai bentuk tindak lanjut dari Surat Edaran (SE) Dirjen Dukcapil Kemendagri, untuk melakukan percepatan perekaman e-KTP bagi yang belum merekam. Karena itu, pihaknya tetap stand by dihari libur.

Baca Juga :  Denmark Tertarik Garap Energi Terbarukan

“Pada hari pencoblosan pun, kantor kami akan tetap buka untuk klarifikasi data kependudukan dan urusan-urusan lain,” kata dia.

Terkait soal blangko e-KTP, ia mengakui masih banyak yang harus disediakan. Mengingat potensi jumlah pemilih pemula yang terus bertambah. Pihaknya pun telah mengajukan permintaan sebanyak 10 ribu blangko ke Kemendagri. Namun yang datang hanya 2 ribu blangko saja. Jumlah itu dirasa masih sangat kurang.

“Dua ribu blanko itu paling hanya habis dalam waktu 10 hari saja, karena yang datang merekam ke kantor dalam sehari bisa 200 orang,” terangnya.

Meski begitu, pihaknya tetap mengajukan dalam jumlah yang sama ke Kemendagri. Ini untuk persediaan mendekati hari pencoblosan mendatang. Selain itu, pihaknya secara aktif melakukan jemput bola ke berbagai sekolah di Kota Mataram.

Baca Juga :  DPMPTSP Salahkan Lurah Terkait Perpanjangan Izin Tower di Jempong Barat

“Bahkan kami juga ke SLB untuk menyasar pemilih pemula, karena sekarang sedang ujian, nanti kita koordinasi lagi dengan pihak sekolah, biar semuanya bisa lakukan perekaman,” tandasnya.

Terpisah,  Asisten I Setda Kota Mataram Lalu Martawang terus mengimbau kepada pemilih pemula agar ikut berperan aktif dalam proses demokrasi di Indonesia. Menurutnya, generasi milenial saat ini juga memiliki tanggung jawab dalam menentukan pemimpin Indonesia untuk lima tahun mendatang.

“Maka manfaatkan hak pilih yang kalian miliki, karena dengan itulah kita semua berkontribusi untuk menciptakan masa depan Indonesia yang lebih baik,” pungkasnya. (yun/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/