alexametrics
Kamis, 1 Oktober 2020
Kamis, 1 Oktober 2020

Santripreneur Ajak Santri Gunakan Teknologi secara Bijak dan Optimal

TANJUNG—Sosialisasi tentang teknologi informasi dan entrepreneur digital untuk santri, Kamis (7/3) kemarin digelar di Pondok Pesantren Nurul Bayan Kabupaten Lombok Utara (KLU).  Santripreneur Indonesia menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informasi RI dengan sub bidang Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi untuk menyelenggarakan kegiatan.

Tema yang diangkat  dalam acara Bakti Kominfo untuk Negeri itu adalah “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengelolaan Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Guna Menunjang Pembangunan Infrastruktur Melalui Sosialisasi Entrepreneur Digital untuk Santri”.

Perwakilan Santripreneur Indonesia  Muhammad Asrori mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya pihaknya bersama pemerintah untuk meningkatkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara bijak dan optimal. Terlebih dewasa ini perkembangan TIK khususnya media sosial di Indonesia sangatlah pesat sehingga terbentuk era baru yang sering dikenal dengan era milenial.

“Era milenial merupakan era dimana para generasinya tidak bisa lepas oleh sosial media maupun smartphone,” ujarnya.

 Jika generasi milenial tidak diberikan arahan dan kawalan dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, ditakutkan terseret oleh dampak negatif perkembangan TIK. Seperti berita hoax, fitnah dan ujaran kebencian di media sosial. Salah satu arahan dari acara ini adalah menggunakan dan memanfaatkan IT untuk berwirausaha.

       Acara ini dibuka Kadis Kominfo KLU H Muhammad dan diikuti sekitar 500 peserta yang terdiri dari santri-santri dan warga sekitar. Kegiatan juga dirangkai dengan pelantilkan pengurus Santripreneur Indonesia Cabang KLU.

“Kami sangat bahagia dengan adanya acara ini, semoga acara ini dapat berlanjut dan bermanfaat bagi masyarakat dan santri,” kata Muhammad.

Sosialisasi dan pelatihan ini menghadirkan dua narasumber. Yaitu Sudjatmogo selaku dewan penyelaras usaha Santripreneur Indonesia, dan KRT Noorwahyudi, konsultan dan praktisi bisnis. Keduanya mengajarkan bagaimana memanfaatkan daya guna teknologi untuk berbisnis dengan skill yang dimiliki oleh santri-santri.

Pengasuh Ponpes Nurul Bayan KH Abdul Karim Abdul Ghofur Rowi juga berharap acara ini benar-benar dimanfaatkan para santri dalam mengembangkan keahlian diri. Terutama dalam hal bisnis/berwirausaha. Dan nantinya akan dibentuk tim kordinator Santripreneur Cabang KLU.

“Harapan kami terus berlanjut program-program baru untuk pengembangan potensi santri,” tandasnya. (ida)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Bisnis Hidroponik, Bantu Perekonomian Warga Kota saat Pandemi

”Mereka bisa jual sendiri, atau bisa juga bermitra dengan kami. Soal pasar, kami yang carikan,” katanya kepada Lombok Post, Rabu (30/9/2020).

Dilantik Lusa, Kontribusi Pemuda Muhammadiyah Kota Mataram Dinanti

"Kita mengambil tema meneguhkan semangat kepemudaan untuk Kota Mataram maju dan religius," kata Ketua PDPM Kota Mataram Iskandar.

Dompu Zona Merah, Simulasi KBM Tatap Muka Dua Sekolah Distop

Rinciannya, SMAN 1 dan 2 Kilo, SMAN 1 dan 3 Pekat, SMAN 1 Kempo, SMKN 1 Manggalewa, SMKN 2 Dompu, dan SMAN 1 Hu’u. Namun, hanya simulasi di SMKN 2 Dompu dan SMAN 1 Hu’u yang dihentikan. ”Pertimbangannya, karena sekolah itu ada di wilayah kota dan dekat kota, sebagai pusat penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Cegah Penyakit Jantung di Masa Pandemi

dr. Yusra Pintaningrum, SpJP(K),FIHA,FAPSC,FAsCC

Sah! Gaji dan Tunjangan PPPK Sama dengan PNS

Penantian panjang honorer K2 yang lulus seleksi tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2019 lalu akhirnya usai sudah. Payung hukum terkait gaji dan tunjangan PPPK telah diterbitkan.

Antisipasi Penyebaran Covid Klaster Kampus!

KONDISI masyarakat pada era tatanan kehidupan baru (new normal) saat ini seolah-olah menggambarkan situasi masyarakat telah beradaptasi dengan tenangnya, kembalinya kehidupan normal saat ini kesadaran kita sebagai masyarakat dalam menghadapi pandemi covid-19 sedikit demi sedikit sudah mulai abai dalam menerapkan pola hidup sehat dalam upaya pencegahan dan memutus rantai penularan virus corona.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Zona Hijau Korona di NTB Kian Berat

”Indikatornya lebih tajam lagi. Kemarin, yang dihitung hanya pasien positif (Covid-19) saja. Sekarang probable juga dihitung,” kata Kepala Dinas Kesehatan NTB dr Hj Nurhandini Eka Dewi, usai rapat evaluasi penanganan Covid-19, di kantor gubernur NTB, kemarin (28/9).

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...

Perkembangan Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa

Kongres pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 menyatakan pengakuan terhadap tumpah darah yang satu, tanah air indonesia; satu bangsa, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa...

Bantuan Presiden, Pedagang Kaki Lima Bakal Diberi Rp 2,4 Juta

Kucuran bantuan pemerintah dalam rangka stimulus ekonomi di tengah pandemi Covid-19 semakin beragam. Kemarin (19/8) sore di halaman tengah Istana Merdeka bersama sejumlah pedagang kecil, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif.
Enable Notifications    Ok No thanks