alexametrics
Rabu, 23 September 2020
Rabu, 23 September 2020

MotoGP Lombok Butuh 7.000 Pekerja

JAKARTA-Pemerintah Indonesia memastikan akan memberikan dukungan penuh terhadap rencana pargelaran MotoGP 2021 yang digelar di Mandalika, Lombok. Komitmen tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan CEO Dorna Carmelo Ezpeleta di Istana Kepresidenan, Bogor, kemarin (11/3).

Dipastikan, event MotoGP Lombok pada 2021 akan mampu menyerap sedikitnya 7.000 tenaga kerja.

                “Ini tadi Mr Garmelo hanya ingin mendapatkan keyakinan bahwa kita siap. Baik dalam organisasi, menyiapkan infrastruktur menuju ke sana. Dan saya sampaikan kita siap,” kata Jokowi usai pertemuan.

                Jokowi yakin, Indonesia akan mampu menjadi tuan rumah yang baik. Sebab, berbagai pengalaman sudah dimiliki dalam menggelar event dunia. Yang terbaru adalah Asian Games ke 18 di Jakarta-Palembang dengan sukses.

“Asian Games yang mendatangkan 35 ribu atlet saja kita siap mengorganisasi kok. Kita harus optimis,” imbuhnya.

                Bentuk dukungan pemerintah, kata dia, bukan hanya moril. Namun juga materiil dalam bentuk pembangunan infrastruktur dasar sebagai penunjang. Dalam pertemuan, dirinya sudah menerima sejumlah masukan dari Dorna. “Nanti akan saya rapatkan baru kita tindak lanjut,” tuturnya.

Mantan Wali Kota Solo itu menjelaskan, membangun infrastruktur penunjang bukanlah sesuatu yang merugikan pemerintah. Sebab, pada hakikatnya, itu juga dibutuhkan untuk pengembangan kawasan. Terlebih, pemerintah sudah menetapkan Mandalika sebagai salah satu “New Bali”.

                Dia yakin, ajang balap motor paling bergengsi itu juga akan menaikan brand pariwisata Indonesia di mata dunia. “Pantainya indah dan sirkuitnya mepet dengan pantai,” terangnya.

                Jokowi berharap, dengan adanya MotoGP di Indonesia, bisa menambah semangat dan antusiasme para pembalap nasional untuk meningkatkan kapasitasnya. Saat ini, ada sejumlah nama yang cukup menonjol seperti Dimas Ekky yang ikut serta dalam Moto2. Ke depan, dia berharap ada putra Indonesia yang bisa berpartisipasi.

                Sementara itu, Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar Mansoer mengatakan, ada sejumlah infrastruktur dasar yang dibutuhkan. Di antaranya perpanjangan runway Bandara Internasional Lombok, perbaikan akses jalan ke lokasi balapan, pelabuhan, hingga infrastruktur penunjang bagi turis.

“Pak Jokowi sudah menjanjikan akses akan dibangun, karena beliau bilang dulu waktu bikin Asian Games 2 tahun bisa selesaikan,” ujarnya.

Selain pembangunan infrastruktur, pemerintah dibutuhkan untuk mempercepat sejumlah pembebasan lahan. Dia menyebut pembebasan memang kecil-kecil. Namun jika pemerintah turun, diharapkan bisa lebih cepat.

Abdulbar menjelaskan, pembangunan sirkuit dan fasilitas penunjang MotoGP di Mandalika akan mampu menyerap tenaga kerja hingga 7.000 orang. Tenaga kerja tersebut tersebut terdiri dari pegawai tetap maupun musiman.

“Sirkuit ini akan menciptakan 2.000 pekerja musiman, 5000 pekerja tetap,” kata Abdulbar.

Banyaknya jumlah serapan tenaga kerja, kata dia, dikarenakan setiap diselenggarakan balapan di Mandalika akan hadir 220 ribu penonton selama tiga hari. Di mana, satu harinya akan ada 75 ribu penonton yang memadati arena Sirkuit.

“Karena mereka akan mensuplai. Kan penontonnya 220 ribu selama 3 hari. Mulai dari kualifikasi, sehari sekitar 75 ribu. Ini kita harapkan dari wisatawan asing,” ujar pria berkacamata tersebut.

Abdulbar menjelaskan, semua pembangunan akan dimulai selambat-lambatnya pada September 2019 dan harus selesai pada akhir tahun 2020. Di mana konstruksinya akan dibangun sesuai standar yang berlaku.

Dia menjanjikan, desain sirkuit yang dibangun akan disesuaikan dengan potensi yang ada di Mandalika. Termasuk dengan memanfaatkan perbukitan yang ada di kawasan. “Mandalika ada gunug-gunung yang bisa dimanfaatkan penonton lokal. Yang bayar mahal juga bisa,” tandasnya.

Pembangunan sirkuit sendiri dilakukan oleh kontraktor asal Prancis, yaitu Vinci Construction. Di mana, nilai komitmen investasinya sebesar USD 1 miliar atau setara Rp 14 triliun selama 15 tahun.

Rencananya, September mendatang, Dorna akan memastikan tanggal pasti penyelenggaraan MotoGP Lombok pada 2021. (far/JPG/r8)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Gali Terowongan, Napi Narkoba asal China Kabur dari Lapas Tangerang

KAPOLRES Metro Tangerang Kota Kombes Pol Sugeng Hariyanto mengungkapkan, pihaknya menemukan beberapa barang bukti berupa linggis, pahat, obeng dan lainnya yang digunakan terpidana mati kasus narkoba asal Tiongkok tersebut. Pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap empat orang pegawai dan satu orang sipil.

Desa Mantang Masuk Nominasi Juara Lomba Kampung Sehat

Desa Mantang menjadi salah satu desa yang masuk nominasi juara pada Lomba Kampung Sehat di Lombok Tengah. Total ada 10 desa terbaik dari 139 desa dan kelurahan yang mengikuti lomba dari Gumi Tatas Tuhu Trasna.

Jasa Raharja NTB turut Berpartisipasi Meriahkan Hut Lantas Ke-65

Sebagai bentuk koordinasi dan memperkokoh sinergi Kepala Cabang Jasa Raharja (JR) NTB bersama jajaran, Selasa (22/9) turut serta memeriahkan puncak HUT Lalu Lintas Bhayangkara Ke-65.

Sejak Pandemi, Omzet Pedagang Pasar Tradisional Turun 40 persen

”Penurunan omzet juga diikuti penurunan kapasitas pedagang di pasar sebesar 40 persen,” katanya saat ditemui di ruang kerja, Senin (21/9/2020).

Manfaatkan Simulasi KBM Tatap Muka untuk Pembiasaan Pola Hidup Sehat

”Kita lihat mana yang belum pakai masker sekaligus kita kampanye 3M itu, bersama guru-guru yang lain,” jelas Winarna.

Menag Positif Korona, UIN Mataram Langsung Instruksikan Pegawai WFH

”Pegawai UIN Mataram semaksimal mungkin, agar bekerja dari rumah menyelesaikan tugas masing-masing,” tegas dia.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Siswa SMP di Loteng Menikah, Kenal Lewat HP, Pacaran Cuma Empat Hari

Meski belum cukup umur, Suhaimi dan Nur Herawati telah resmi menjadi pasangan suami istri. Bagaimana kisahnya sampai mereka memutuskan menikah? Berikut ulasannya.

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...

Dua Terduga Pengedar Ekstasi Tertangkap di Karang Kediri

Dua terduga pengedar ekstasi berinsial PAW alias Patrick, 28 tahun, dan AZP alias Agli, 25 tahun, dibekuk tim Satnarkoba Polresta Mataram, Kamis (17/9) malam. ”Kita tangkap mereka di Lingkungan Karang Kediri, Cakranegara,” kata Kasatnarkoba Polresta Mataram AKP Elyas Ericson, kemarin (18/9).

Perkembangan Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa

Kongres pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 menyatakan pengakuan terhadap tumpah darah yang satu, tanah air indonesia; satu bangsa, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa...
Enable Notifications    Ok No thanks