alexametrics
Minggu, 9 Agustus 2020
Minggu, 9 Agustus 2020

Bau Nyale Ditetapkan 14-15 Februari

PRAYA-Tradisi bau nyale atau menangkap cacing di laut selatan Lombok Tengah ditetapkan 14-15 Februari mendatang. ”Hari Jumat-Sabtu,” beber Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Loteng Lendek Jayadi, Sabtu (11/1).

      Keputusan itu diambil melalui sangkep warige atau musyawarah bersama para tokoh spiritual empat penjuru mata angin. Termasuk melibatkan tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh budaya. Kegiatan dilaksanakan di Desa Wisata Dusun Ende, Desa Sengkol, Kecamatan Pujut.

      Para tokoh memulai acara dengan menyalakan kemenyan. Selanjutnya tembang-tembang Sasak dan doa dibacakan. Kalender nasional dan kalender Sasak lantas dicocokkan. Membaca fenomena bintang rowok dan tanda-tanda alam seperti hujan, petir atau angin dilakukan. Hasilnya angka 20 bulan 10 penanggalan Sasak, jatuh pada 14-15 Februari.

”Setelah ini akan dilaksanakan sederetan ritual gaib,” ujarnya.

Harapannya, tradisi tahunan di Gumi Tatas Tuhu Trasna ini terhindar dari musibah. Baik ombak deras, angin kencang, longsor, gempa, kebakaran, dan gejolak sosial masyarakat. ”Tradisi turun temurun ini juga, sebagai salah satu promosi pariwisata,” ujar ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Loteng tersebut.

Dia berharap tahun ini jumlah kunjungan wisatawan semakin meningkat. Itu seiring dengan persiapan perhelatan MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

      ”Kita bersyukur bau nyale ditetapkan sebagai tradisi dan kebudayaan nasional,” kata Wakil Bupati HL Pathul Bahri.

Selevel dengan 10 kegiatan terbaik Indonesia. Salah satunya, Jember Fashion Carnaval (JFC) di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

      Dia memastikan, setiap tahun ada rangkaian kegiatan bau nyale yang berbeda. Tujuannya, agar yang menyaksikan tidak merasa bosan. Kendati demikian, puncak dari tradisi tersebut tetap menangkap cacing laut dari Pantai Torok Aik Belek Desa Montong Ajan, Kecamatan Praya Barat Daya hingga Pantai Ujung Kelor Desa Semoyang, Kecamatan Praya Timur.

      Lokasi utama di Pantai Seger Desa Kuta. Di tempat itulah konon Putri Mandalika yang kemudian menjadi perwujudan nyale menceburkan dirinya ke laut. Dia menghindari perpecahan dan tumpah darah para pangeran kerajaan yang ingin memperebutnya. ”Mari datang dan meriahkan acara,” serunya. (dss/r9)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Layangan Nyangkut Ganggu Jaringan Listrik Lombok

MATARAM-Akhir-akhir ini layang-layang kerap mengganggu aktivitas warga. Layangan putus banyak nyangkut di jaringan listrik PLN. Akibatnya listrik harus dipadamkan. ”PLN mencatat beberapa kali gangguan listrik yang disebabkan oleh layang layang,” kata Manager PLN UP3 Mataram Dony Noor Gustiarsyah, Jumat (7/8).

Tahun ini NTB Butuh Rp 8,3 Miliar Tangani Kekeringan

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dana penanganan kekeringan tidak pernah sedikit. Tahun ini, BPBD NTB kembali mengusulkan dana hingga Rp 8,3 miliar lebih untuk atasi bencana kekeringan. ”Ini sedang kami usulkan mudahan dananya tersedia,” kata Plt Kepala Pelaksana BPBD NTB H Ahmadi, Jumat  (7/8).

Pemkab Loteng Persilakan Ibu Hamil Kerja Dari Rumah

          PRAYA-Bupati Loteng HM Suhaili FT mengeluarkan surat edaran (SE) terbaru terkait sistem kerja aparatur sipil negara (ASN). “Ini karena belum terkendalinya penyebaran covid-19,” ujar juru bicara gugus tugas Covid-19 Loteng HL Herdan, Kamis (6/8) lalu.

Bila Rinjani Tak Dirawat, Status Geopark Dunia Bisa Dicabut

Status Rinjani sebagai geopark dunia bisa dicopot Unesco bila tidak dijaga dengan baik. Karena itu, kekayaan alam di kawasan Rinjani harus tetap dilestarikan. ”Selain sebagai geopark dunia Rinjani juga merupakan cagar biosfer dunia, kita harus sungguh-sungguh mengelolanya,” kata Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah

RSUD NTB Kini Lebih Siaga, Cegah Jenazah Korona Diambil Paksa

Jemput paksa jenazah pasien covid-19 kerap terjadi akhir-akhir ini. Insiden itu membahayakan semua pihak. Beberapa upaya coba dilakukan pihak rumah sakit untuk mencegah kejadian serupa.

Target Emas, NTB Kirim Sembilan Petinju ke PON Papua

Bumi Gora meloloskan sembilan petinju ke PON Papua 2021. Salah satunya petinju putri Endang. Dia ditargetkan bisa menyumbangkan medali emas. ”Saya akan berusaha yang terbaik. Target pasti yang terbaik,” ujar Endang, Jumat (7/8) lalu.

Paling Sering Dibaca

Karyawan Swasta Gaji di Bawah 5 Juta Bakal Dapat Bansos Rp 600 Ribu

KONSUMSI masyarakat yang rendah membuat pemerintah memutar otak mencari solusi. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu menuturkan, pemerintah tengah memfinalisasi pemberian bansos bagi karyawan non PNS dan BUMN senilai Rp 600 ribu per bulan.

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Peredaran Gelap Tramadol di Gomong Mataram, Lima Orang Ditangkap

Tim Satnarkoba Polresta Mataram menggerebek rumah pengedar obat-obatan daftar G di Gomong, Mataram, Rabu (5/8). Sebanyak lima orang ditangkap. ”Dua pembeli, satu perempuan sebagai  penyedia, dan dua penjual,” kata Kasatnarkoba Polresta Mataram AKP Elyas Ericson usai penggerebekan.

Idola Baru Wisatawan, Bukit Pal Jepang Terapkan Sistem Booking Online

Begitu dibuka, Bukit Pal Jepang Desa Sapit, Kecamatan Suela, jadi incaran wisatawan. Dalam sebulan, bukit dengan ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut itu sudah didaki 3.550 wisatawan. Ibarat tengah berpuasa, inilah waktunya berbuka, setelah selama pandemi Covid-19 menahan dahaga akan sepinya wisatawan.

TGB Dukung Mohan, Bang Zul Jagokan Selly di Mataram

Jika Bang Zul (panggilan akrab H Zulkieflimansyah) mendukung pasangan Hj Putu Selly Andayani-TGH Abdul Manan (paket Salaman). Maka tidak dengan TGB. Pria yang berkuasa selama 10 tahun di NTB itu memilih mendukung pasangan H Mohan Roliskana-TGH Mujibburahman (pasangan Harum).
Enable Notifications.    Ok No thanks