alexametrics
Senin, 15 Agustus 2022
Senin, 15 Agustus 2022

Pengadilan Harus Bebas Korupsi

MATARAM-Pengadilan Negeri (PN) Mataram mewujudkan peradilan yang agung. Berkomitmen untuk anti penyuapan. Melakukan pelayanan prima dan tak ada hakim serta panitera yang bermain perkara.

Komitmen itu sebagai bagian dari pencanangan zona integritas untuk meraih predikat wilayah bebas korupsi (WBK). Juga wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM).

Ketua Pengadilan Tinggi (PT) NTB Kresna Menon mengatakan, perwujudan peradilan agung merupakan visi dari Mahkamah Agung (MA). ”Tidak boleh ada lagi praktik kotor di pengadilan. Hakim dan jajaran harus menjaga integritas,” kata Kresna, kemarin (1/3).

Menurut dia, zona integritas itu bukan saja terkait dengan kerja lembaga peradilan yang profesional. Tetapi juga meliputi integritas yang harus terjamin.

Baca Juga :  Propam Periksa Kapolres Bima Kota

Pencanangan WBK dan WBBM masuk sebagai bagian reformasi birokrasi. Masyarakat menuntut pelayanan yang prima. Pelayanan yang dapat diukur dan tanpa pungutan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

”Tidak ada lagi pelayanan yang tidak jelas kapan selesainya. Kalau pelayanan prima, tidak akan ada keluhan dari masyarakat,” tandas dia.

Ketua PN Mataram Isnurul Syamsul Arif mengatakan, pengawasan akan dilakukan sesuai dengan kewenangan masing-masing. ”Sejauh ini kita menjamin (hakim) bersih. Pengawasan akan kita perkuat juga,” kata Arif singkat.

Sementara itu, Wali Kota Mataram Ahyar Abduh mengapresiasi langkah PN Mataram menuju WBK dan WBBM. Nantinya, dengan raihan WBK dan WBBM dari PN Mataram, akan menambah lembaga yang telah mewujudkan zona integritas.

Baca Juga :  Kades Mendana Raya Dihukum Setahun Penjara

”Kita ingin seluruh institusi dan lembaga mewujudkan WBK. Kami juga berharap ada yang menyusul lagi,” pungkas Ahyar.(dit/r2)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/