alexametrics
Rabu, 30 November 2022
Rabu, 30 November 2022

Operasi Zebra Rinjani Dimulai, Siap-siap Kena Tilang

MATARAM-Pengendara yang tidak melengkapi surat-surat kendaraannya siap-siap kena tilang. Mulai Senin (3/10) ini hingga 16 Oktober mendatang, polisi akan menggelar Operasi Zebra Rinjani 2022.

Wakapolresta Mataram AKBP Syarif Hidayat meminta masyarakat tidak saja mematuhi aturan berlalu lintas saat polisi melakukan operasi penertiban. Melainkan tertib berlalu lintas menjadi  kebiasaan setiap waktu demi keselamatan bersama. “Tujuan dari Operasi Zebra untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berkendara serta mencegah kecelakaan. Meskipun operasi nanti berakhir, kami harap masyarakat tetap patuh pada aturan lalu lintas,” imbaunya.

Kasat Lantas Kompol Bowo Tri Handoko menambahkan, selama Operasi Zebra Rinjani 2022, polisi tetap akan bersikap tegas dengan tetap mengedepankan tindakan preemtif atau imbauan dan pendeketan kepada masyarakat.

Baca Juga :  Gagal Bobol Brankas, Maling Ambil Sejumlah Barang di Diler Yamaha Mataram

Ada tujuh  prioritas pelanggaran yang akan ditindak. Yaitu berkendara sambil main handphone, pengendara di bawah umur, berbonceng lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm SNI, mengemudi dalam pengaruh alkohol,  melawan arus, dan pengemudi kendaraan roda empat tidak menggunakan sabuk pengaman.

Menurut Bowo, pelanggaran itu sering dijumpai.  Itu kebiasaan buruk pengendara. “Padahal itu memiliki risiko besar keselamatan bagi si pengendara dan orang lain di sekitarnya sebagai sesama pengguna jalan raya,” bebernya.

Bowo mengatakan selain memprioritaskan tujuh pelanggaran kasat mata tersebut, petugas juga tetap akan memeriksa surat kelengkapan berkendara. “Kami minta warga yang melintas untuk patuh dengan razia ini,” imbaunya.

Sebelum penerapan Satlantas Polresta Mataram telah banyak melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan kalangan klub kendaraan. “Saya berharap para pengendara patuh dan tertib pada peraturan berlalu lintas,” imbaunya. (arl/r1)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks
/