alexametrics
Kamis, 18 Agustus 2022
Kamis, 18 Agustus 2022

Penyidikan Kasus Pengadaan Alat Metrologi Disperindag Dompu Tetap Jalan

MATARAM-Meskipun sudah ada pengembalian terkait Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Inspektorat Dompu, penyidikan kasus pengadaan alat metrologi dan mobil dinas di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Dompu tahun 2018 tetap berjalan.

”Sudah ada memang pengembalian tetapi itu tidak menghapus tindak pidananya,” kata Kasi Intelijen Kejari Dompu Ngurah Bagus Gede Jatikusumah, Jumat (5/8).

Dikatakan, sesuai pasal 4 Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), pengembalian kerugian keuangan negara atau perekonomian negara tidak menghapuskan dipidananya pelaku tindak pidana. ”Coba telaah pasal 4 UU Tipikor, penjabarannya jelas tidak menghapus tindak pidananya,” katanya.

Baca Juga :  Mantan Kadistanbun Dicecar tentang Pengadaan Benih Jagung

Sebelumnya, muncul temuan potensi kerugian negara dari LHP Inspektorat Dompu sebesar Rp 167 juta dari nilai pengadaan. Terhadap temuan itu, sudah diberikan waktu selama 60 hari untuk dikembalikan, tetapi tidak dijalankan. ”Setelah kita lidik baru berupaya dikembalikan. Dua tahun setelah ada LHP baru dikemballikan. Itu kan jadi pertanyaan kami juga. Kenapa?” tanya dia.

LHP itu hanya menjadi pintu masuk untuk melihat potensi kerugian negara atau perbuatan melawan hukumnya (PMH). Karena sudah dikantongi minimal dua alat bukti saat proses penyelidikan sehingga kasus tersebut ditingkatkan ke penyidikan.

Berdasarkan LPSE Pemkab Dompu, pengadaan alat metrologi dan sarana prasarana lainnya menghabiskan anggaran Rp 1,42 miliar. Sumber anggarannya dari APBD Dompu tahun 2018.  Pengadaannya dilakukan perusahaan berinisial FA yang beralamat di Kelurahan Potu, Kecamatan Dompu.

Baca Juga :  Polisi Awasi Penerbangan Drone di Sekitar Sirkuit Mandalika

Dari pengadaan itu memunculkan potensi kerugian negara Rp 167 juta. Itu dari hasil temuan LHP Inspektorat Dompu. (arl/r1)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/