alexametrics
Rabu, 4 Agustus 2021
Rabu, 4 Agustus 2021

Mulai Sesak, Sebagian Napi Lapas Mataram Dipindah

MATARAM-Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Mataram yang berada di Kuripan, Lombok Barat, kini sudah kelebihan penghuni (over kapasitas). Saat ini, lapas dihuni ribuan orang. Padahal kapasitasnya hanya 660 orang.

Kepala Lapas Kelas II A Mataram Ketut Akbar Herry Achjar mengatakan, saat ini lapas dihuni 1.209 orang. Terdiri dari tahanan dan narapidana (napi). ”Over kapasitasnya mencapai 100 persen,” kata Akbar, Minggu (9/5/2021).

Untuk mengurangi over kapasitasnya, Lapas Mataram memindahkan 34 napi ke lapas lain. Seperti ke Lapas Selong, Lombok Timur dan Lapas Terbuka, Lombok Tengah. ”Ada 16 narapidana ke Lapas Terbuka dan 18 narapidana ke Lapas Selong,” jelasnya.

Sebelum dipindah, pihak lapas memberikan pengarahan dan tindakan persuasif kepada para napi. Mereka diminta tetap berlaku baik dan menjadi lebih baik di tempat baru. ”Pemberian pengararahan dan tindakan persuasif itu menjadi bagian dari SOP (standar operasional prosedur) sebelum memindahkan para warga binaan,” jelasnya.

Proses pemindahan napi berjalan ketat. Guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. ”Para napi yang dipindah dikawal enam petugas lapas dan petugas Kejari Mataram,” terangnya.

Akbar mengatakan, mereka yang dipindahkan ke Lapas Terbuka sebagai bentuk reintegrasi. Dimaksudkan agar para napi bisa menciptakan kesiapan dirinya untuk kembali ke tengah masyarakat pasca menjalani masa pidana. ”Di Lapas terbuka itu mereka dilatih lebih giat lagi supaya setelah keluar,  mereka bisa mempersiapkan keahliannya untuk bekerja dan tidak lagi mengulangi perbuatannya,” kata dia. (arl/r1)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks