alexametrics
Selasa, 16 Agustus 2022
Selasa, 16 Agustus 2022

Jaksa : Lahan Sirkuit MotoGP Mandalika Bebas Dari Sengketa

MATARAM-Sirkuit MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika masih dalam proses pengerjaan. Kejari Lombok Tengah (Loteng) memastikan lahan tersebut klir dari persoalan hukum. ”Kalau lahan sirkuit sudah tidak ada masalah lagi,” kata Kejari Loteng  Ely Rahmawati saat ditemui, kemarin (10/3).

Sebelumnya, memang ada persoalan. Masyarakat yang memiliki lahan belum mau melepas lahannya. ”Tetapi, dengan pendekatan yang dilakukan, masyarakat menyadari keberadaan sirkuit itu bisa menopang ekonomi NTB ke depannya,” ucapnya.

Saat ini, sirkuit tersebut masih dalam proses pengerjaan. Dipastikan akhir 2020 nanti sirkuit itu sudah jadi. ”Kita dan Kejati NTB juga mengawal pengerjaan proyeknya,” ujarnya.

Menurutnya, pekerjaan pembangunan sirkuit itu tidak ada permasalahan. Presisinya sudah jadi. ”Kalau tidak salah pengerjaan sirkuit MotoGP sudah mencapai 50 persen,” kata dia.

Baca Juga :  Empat Perambah Hutan Rentung Sebokas Sumbawa Dibui

Saat ini, yang masih dalam proses hukum hanya persoalan lahan pendukungnya saja. Seperti, lokasi tempat pembangunan hotel dan sarana lainnya. ”Kalau lahan pendukungnya masih dalam proses. Itu ditangani pihak Datun Kejati NTB,” ujarnya.

Terpisah, Juru Bicara Kejati NTB Dedi Irawan mengatakan, Asisten Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejati NTB menghadapi sejumlah  gugatan lahan di kawasan lahan PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Saat ini masih bersengketa di luar sirkuit tepatnya di atas lahan pembangunan Hotel Pullman dan lainnya. ”Saat ini masih proses di tingkat kasasi. Kasasinya juga belum turun,” terangnya.

Pada sengketa itu, tim kuasa hukum dari Datun menang di tingkat peradilan pertama. Tetapi, kalah pada saat banding. ”Sekarang masih proses kasasi,” ujarnya.(arl/r2)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/