alexametrics
Selasa, 27 September 2022
Selasa, 27 September 2022

Kemenkumham NTB Usulkan Empat Napi Korupsi Dapat Remisi

MATARAM-Empat narapidana (napi) kasus korupsi diusulkan menerima remisi pada Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus nanti. “Empat napi itu sudah memenuhi PP 99 Tahun 2012 tentang Pemberian Remisi,” kata Kepala Kanwil Kemenkumham NTB Romi Yudianto, Kamis (11/8).

Ditambahkan, empat napi korupsi itu telah mengantongi JC (justice collaborator/bekerja sama dengan aparat hokum untuk membongkar kasus). Tak hanya itu mereka telah membayar uang pengganti kerugian negara dan denda. “Semua sudah sesuai aturan yang kita usulkan. Kita usulkan remisi umum,” jelasnya.

Romi menerangkan, selain empat napi korupsi, 800 napi narkotika juga diusulkan menerima remisi. “Semua yang diusulkan itu RU (remisi umum) kategori I,” ujarnya.

Baca Juga :  Ini Hasil Penelusuran Polda NTB dari Handphone Tersangka Bandar Sabu Mandari

RU kategori I itu maksudnya mereka mendapat pengurangan masa tahanan. Sedangkan RU kategori II untuk mereka yang langsung bebas setelah menerima remisi. “Jadi untuk pidana khusus tidak ada yang diberikan RU kategori II. Semua RU I,”  bebernya.

Kemudian untuk narapidana yang tercatat dalam daftar usulan pidana umum, jumlahnya 1.286 orang. Itu terdiri dari 1.284 narapidana RU I dan 2 orang RU II atau langsung bebas usai menerima remisi. “Yang langsung bebas ini, satu orang dari Lapas Mataram, satu lagi dari LPKA (Lembaga Pembinaan Khusus Anak) Lombok Tengah,” bebernya. (arl/r1)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/