alexametrics
Sabtu, 20 Agustus 2022
Sabtu, 20 Agustus 2022

Di Polresta Mataram, Besuk Tahanan Kini Melalui Zoom Meeting

MATARAM-Polresta Mataram tidak lagi memberlakukan besuk tahanan tatap muka. Mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

Kendati demikian, Polresta Mataram tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat yang bakal membesuk tahanan. ”Tatap muka diganti dengan zoom meeting,” kata Kapolresta Mataram Kombes Pol Heri Wahyudi, Jumat (12/3/2021).

Kebijakan itu untuk mencegah penularan Covid-19 ke dalam sel tahanan. Sehingga para tahanan bisa terbebas dari Korona. ”Yang utama adalah keselamatan para tahanan,” ujarnya.

Besuk tahanan dengan zoom meeting mulai diterapkan sejak Selasa (9/3) lalu. Pelayanan tersebut diberlakukan dan dibuka dua kali sepekan. Setiap hari Selasa dan Jumat.

Setiap hari Selasa,  berlaku mulai pukul 09.00 hingga pukul 13.00 Wita. Sedangkan pada Jumat dimulai pukul 09.00 Wita hingga pukul 11.00 Wita. ”Khusus hari-hari besar keagamaan kita buka mulai pukul 09.00 Wita hingga pukul 12.00 Wita,” terang mantan kapolres Lombok Barat itu.

Baca Juga :  Gerebek Bandar Sabu, Polisi Tangkap Keponakan dan Pacar Sincan

Untuk bisa mendapatkan pelayanan tersebut tidak sulit. Pihak keluarga yang bakal membesuk harus mendaftar terlebih dahulu ke Satuan Tahti. ”Pihak keluarga nanti harus antre sesuai nomor daftarnya,” kata dia.

Kasat Tahti Polresta Mataram Iptu I Made Sudarsa mengatakan, di masa pandemi, tahanan dan keluarga tidak diperbolehkan bertemu secara langsung. Namun, penitipan makanan masih diperbolehkan. ”Makanan bisa dititipkan melalui SPKT (Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu),” kata Sudarsa.

Secara teknis, layanan zoom meeting  disiapkan dua nomor. Satu nomor untuk registrasi pihak keluarga dan tahanan. “Saat zoom meeting tahanan tetap menggunakan baju tahanan,” ujarnya.

Saat zoom meeting tahanan bakal dikawal dua petugas. Mereka hanya diberikan waktu selama 15 menit. ”Jadi, tahanan dan pihak keluarga harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin,” tuturnya. (arl/r1)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/