alexametrics
Minggu, 19 September 2021
Minggu, 19 September 2021

Penanganan Kasus Dana Kapitasi JKN Puskesmas Babakan Naik ke Penyidikan

MATARAM-Unit Tipikor Satreskrim Polresta Mataram melakukan ekspose kasus pengelolaan dana kapitasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Puskesmas Babakan tahun 2017-2019, Senin (13/9). Kesimpulannya penanganan kasus tersebut ditingkatkan ke penyidikan. ”Ya, naik dik (penyidikan). Tadi pagi ekspose (gelar perkara),” kata Kasatreskrim Polresta Mataram Kompol Kadek Adi Budi Astawa.

Pertimbangan kasus tersebut dinaikkan ke penyidikan karena telah ditemukan perbuatan melawan hukum (PMH). ”Mens rea (niat jahat) sudah kelihatan,” sebutnya.

Tak hanya itu, hasil penyelidikan juga ditemukan adanya potensi kerugian negara. Potensi itu munculnya dari dugaan mark up harga pembelian barang dan obat serta dari pemotongan insentif nakes (tenaga kesehatan) maupun non-nakes. ”Modusnya ada mark up dan laporan fiktif terkait penyaluran insentif pegawainya,” ungkap Kadek Adi.

Diketahui, Puskesmas Babakan mengelola dana kapitasi JKN Rp 1,1 miliar per tahun. Total dana yang dikelola selama 2017-2019 mencapai Rp 3,3 miliar. Anggaran yang diterima tersebut terhitung dari kepesertaan BPJS Kesehatan. Total ada 15 ribu peserta peserta BPJS yang terdaftar di Puskesmas Babakan.

Berdasarkan ketentuan, penggunaan anggaran 60 persen untuk tenaga kesehatan maupun non-kesehatan. Sisanya digunakan untuk operasional. Pembayaran yang diterima berdasarkan jenis jabatan, ketenagaan, dan kehadiran. Diduga penggunaan anggarannya tidak sesuai dengan ketentuan.

Terkait potensi kerugian negara, Kadek Adi enggan membeberkannya. Alasannya masih menuggu hasil koordinasi dengan tim audit. ”Nanti saja, tunggu hasil audit dari BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan),” kata dia.

Kadek Adi mengatakan, beberapa saksi bakal dipanggil kembali untuk dimintai keterangan guna melengkapi berkas penyidikan. ”Semua masih kita agendakan,” katanya. (arl/r1)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks