alexametrics
Senin, 15 Agustus 2022
Senin, 15 Agustus 2022

Akhirnya Tersangka Bandar Narkoba Mandari Dilimpahkan ke Jaksa

MATARAM-Tugas penyidik Ditresnarkoba Polda NTB menangani kasus peredaran narkoba dengan tersangka berinisial NJD alias Mandari akhirnya benar-benar tuntas. Mandari sudah dilimpahkan bersama barang bukti ke jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Tinggi NTB, Senin (13/6) lalu. Ikut juga dilimpahkan tersangka lainnya yang juga suami dari Mandari berinisial IGBP alias Bayu.

Pelimpahan dilakukan berdasarkan surat resmi P-21 dari Kejati NTB Nomor B-1371/N.2.4/ENZ.1/06/202 tanggal 2 Juni 2022.

“Sebelumnya berkas P-19 terus. Kini sudah P-21,” kata Dirresnarkoba Polda NTB Kombespol Helmi Kwarta Kusuma Putra Rauf, Selasa (14/6).

Diketahui, berkas penyidikan kasus peredaran gelap narkoba dengan tersangka Mandari cukup lama dinyatakan lengkap atau P21. Hampir mencapai satu tahun empat bulan.

Dengan pelimpahan tahap dua tersebut, tidak ada lagi tunggakan perkara yang ditangani Ditresnarkoba Polda NTB. Helmi mengapresiasi kinerja penyidik yang sudah bekerja keras menyelesaikan perkara ini. “Ini patut kami syukuri. Kita tahu semua bahwa Mandari diduga sebagai bandar narkoba kelas kakap di Mataram,” katanya.

Baca Juga :  Polisi Ciduk IRT di Karang Bagu Cakra, Temukan 18 Poket Sabu

Untuk mengungkap peran Mandari, polisi terlebih dahulu menangkap anak buahnya berinisial RANA alias Agung. Dari tangan Agung ditemukan barang bukti sabu 1,9 gram dan uang Rp 16,9 juta.

Agung mengaku menerima sabu dari GS alias Sandi. Polisi berhasil menangkap Sandi saat bersama Mandari dan beberapa orang anak buahnya di sebuah hotel di Lombok Tengah. Dari pengakuan Sandi barang yang diedarkan Agung itu berasal dari Mandari.

Menurut penyidik, Mandari bisa terseret dalam kasus tersebut diperkuat dengan hasil cellebrite (penyedotan data percakapan di ponsel meski data sudah terhapus) WhatsApp group (WAG) bernama “Akatsuke Baru”.

Helmi menambahkan, penangkapan Mandari menjadi bentuk komitmen Ditresnarkoba Polda NTB memberantas peredaran gelap narkoba. “Siapa pun yang mengedarkan narkoba akan ditindak tegas,” kata dia.

Baca Juga :  Berkas TPPU Sultan Sabu Masih Diteliti Jaksa, Polisi Yakin Bisa Tuntas

Juru Bicara Kejati NTB Efrien Saputra membenarkan pihaknya sudah menerima pelimpahan barang bukti dan tersangka dari penyidik Ditresnarkoba Polda NTB. Kini tersangka Mandari dan suaminya Bayu sudah ditahan oleh jaksa. “Penahanannya di tempat berbeda. Mandari dititip di Lapas Perempuan Mataram dan Bayu di Lapas Kelas IIA Mataram,” terang Efrien.

Saat ini JPU masih menyusun rencana dakwaan untuk proses persidangan. “Tinggal melengkapi berkas untuk kita limpahkan ke pengadilan,” ujarnya. (arl/r1)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/