alexametrics
Jumat, 26 Februari 2021
Jumat, 26 Februari 2021

Dipercaya Jadi Penjaga Malah Curi Barang-barang Anak Kos

MATARAM-Pria berinisial J alias Idi ini tidak amanah. Dia ketahuan mencuri di sebuah kos-kosan di Jalan Guru Bangkol, Pagesangan Indah, Mataram, yang dijaganya selama 11 tahun. ”Pelaku ini masuk ke kamar kos menggunakan kunci yang dititip pemiliknya,” tutur Kapolsek Pagutan Iptu I Ketut Artana, Jumat (15/1).

Kunci kamar yang dititip pemiliknya membuat Idi dengan mudah mengambil barang korban, Rabu malam (13/1) lalu. Pria 37 tahun itu mengambil pakaian, speaker aktif, sepatu, serta surat kendaraan bermotor. ”Total kerugian korban mencapai Rp 5 juta-an,” sebut Artana.

Hasil penyelidikan Unit Reskrim Polsek Pagutan atas laporan korban, pelaku mengarah ke penjaga kos, Idi. ”Kita tangkap pelaku di kos-kosan tempat dia berjaga tadi pagi (kemarin, Red),” ujarnya.

Saat diinterogasi, Idi mengaku pakaian dan sepatu yang diambilnya digunakan sendiri. Sedangkan speaker aktif sudah digadai ke orang lain. ”Digadai seharga Rp 250 ribu,” sebut Artana.

Uang hasil gadai itu digunakan untuk keperluan pribadi. Sebagian digunakan untuk membelikan jajan anaknya. ”Rp 150 ribu digunakan untuk membeli sabu. Sisanya diberikan ke anaknya,” ujarnya.

Menurut Artana, sebenarnya Idi sudah beberapa kali melakukan tindak pencurian di kos yang dijaganya itu. Namun baru ketahuan sekarang. ”Kita langsung tahan pelakunya,” katanya.

Hasil pemeriksaan urine Idi positif menggunakan narkoba. Idi mengaku menggunakan sabu dua hari lalu. ”Setelah barang digadai pelaku itu langsung membeli sabu dan menggunakannya,” jelasnya.

Akibat perbuatannya, Idi dijerat pasal 363 KUHP. Ancaman hukuman tujuh tahun penjara.
Sementara itu, Idi mengaku mengambil barang kos itu karena tidak memiliki uang sama sekali. Karena memiliki peluang untuk masuk ke kamar kos, dia pun memberanikan diri mengambil barang korban. ”Memang saya yang ngambil. Tujuan saya minjam. Saya akan kembalikan ke orangnya,” kelitnya. (arl/r1)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications   OK No thanks