alexametrics
Senin, 15 Agustus 2022
Senin, 15 Agustus 2022

Polda NTB Telusuri Semua yang Terlibat Transaksi dengan Mandari

MATARAM-Penyidik Ditresnarkoba Polda NTB kini fokus mengusut tindak pidana pencucian uang (TPPU) terduga bandar sabu kelas kakap berinisial NJD alias Mandari. Mereka telah mengantongi data transaksi yang dilakukan Mandari.

Berdasarkan data, diduga ada keterlibatan orang lain dalam bertransaksi. Termasuk mengatasnamakan orang lain terkait asetnya.

”Intinya, semua yang ada, yang muncul dari hasil penelusuran PPATK, akan kami telusuri,” kata Dirresnarkoba Polda NTB Kombespol Helmi Kwarta Kusuma Putra Rauf.

”Ibu, bapaknya atau orang lain yang mengalihkan aset yang diduga dari Mandari akan didalami,” tambahnya.

Helmi menegaskan, dalam penanganan kasus ini, pihaknya tidak akan pilih-pilih. Siapa saja yang terlibat dalam transaksi gelap narkoba yang berkaitan dengan Mandari harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. ”Kita akan tetap menjaga kredibilitas,” ujarnya.

Baca Juga :  Miliki Setengah Ons Sabu, Anak Susul Ayah ke Penjara

Hasil penelusuran PPATK terdapat transaksi miliaran rupiah pada rekening Mandari. Diduga itu terkait dengan perdagangan gelap narkotika. ”Ada transaksi miliaran rupiah di situ, tidak jelas untuk apa,” kata Helmi.

Sementara, terkait kasus peredaran gelap narkoba, Mandari tinggal menunggu proses persidangan. Dia dan suaminya berinisial IGBP alias Bayu telah ditahan jaksa.

Perkara Mandari dan Bayu dinyatakan lengkap oleh jaksa dengan sangkaan Pasal 114 ayat (2) dan atau Pasal 131 juncto Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 35/2009 tentang Narkotika.

Penyidik tinggal menunggu pidana asal (tindak pidana narkotikanya) inkrah. Selanjutnya akan berkoordinasi dengan jaksa untuk menyelesaikan proses tahap satu (pemeriksaan berkas TPPU). ”Mudahan penanganan kasus ini (TPPU) berjalan lancar,” harapnya. (tim)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/