alexametrics
Selasa, 9 Maret 2021
Selasa, 9 Maret 2021

Tersangka Pembunuh Mahasiswi Unram Disidang Pekan Depan

MATARAM-Berkas dakwaan tersangka Rio Prasetya Nanda sudah lengkap. Rencananya, kasus pembunuhan terhadap mahasiswi Unram itu mulai disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Mataram pekan depan. “Berkas dakwaannya sudah kita kirim ke Pengadilan Negeri Mataram,” kata Kepala Kejari Mataram Yusuf, Kamis (18/2/2021).

Berkas dakwaannya dilimpahkan Rabu (17/2/2021) lalu. Berdasarkan data SIPP PN Mataram, sidang perdana bakal digelar Kamis (25/2/2021) mendatang.

”Kalau dakwaan kami sudah siap. Tinggal pembuktian saja di persidangan,” sambung Yusuf.

Rio didakwa membunuh kekasihnya Linda Novita Sari, Kamis 23 Juli 2020 lalu. Kasus pembunuhan itu terjadi di rumah orang tua tersangka di Perumahan Royal Mataram. Berdasarkan hasil rekonstruksi, Rio diduga melakukan pembunuhan dengan cara mecekik korban setelah bertengkar.

Diduga, tersangka enggan bertanggung jawab atas kehamilan Linda. Untuk mengelabuhi pembunuhan itu, Rio menggantung mayat Linda menggunakan tali di lubang ventilasi rumah orang tuanya. Seakan-akan Linda meninggal dengan cara gantung diri.

Yusuf mengatakan, dakwaan yang disusun berdasarkan fakta hukum dan bukti yang sudah dikumpulkan penyidik. Pada dakwaan primer, Rio didakwa menggunakan pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana. Dakwaan subsidernya menggunakan pasal 338 KUHP tentang pembunuhan yang disengaja serta pasal 351 ayat (3) KUHP tentang Penganiayaan berat yang menyebabkan korban meninggal dunia. ”Kita gunakan juga pasal mengenai pembunuhan berencana,” kata Yusuf.

Saat ini, Rio masih dalam tahanan. Penahanannya dititipkan di Mapolresta Mataram. ”Statusnya tetap tahanan jaksa. Kita hanya titip saja penahanannya di sana (tahanan Polresta Mataram),” pungkasnya. (arl/r1)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications   OK No thanks