alexametrics
Sabtu, 20 Agustus 2022
Sabtu, 20 Agustus 2022

Antisipasi Gangguan kamtibmas, Ini yang Dilakukan Satlantas Polres Sumbawa

MATARAM-Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sumbawa gencar melakukan patroli blue light atau patroli malam hari dengan tetap menyalakan lampu rotator. Kegiatan itu dilakukan untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyararakat (Kamtibmas). ”Tujuan utama menekan terjadinya kasus kejahatan di malam hari,” kata Kasatlantas Polres Sumbawa Iptu Samsul Hilal, Selasa (19/1).

Patroli dilaksanakan mulai pukul 21.00 hingga dini hari.  Kegiatan tersebut bagian dari tindakan preventif untuk menekan kasus pencurian dengan kekerasan (Curas), pencurian dengan pemberatan (Curat), dan pencurian kendaraan bermotor.

Tidak hanya itu, patroli blue light juga untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Karena patroli juga difokuskan pada lokasi-lokasi rawan kecelakaan. Seperti kawasan Patung Kuda Kelurahan Pekat dan wilayah Kecamatan Unter Iwes. ”Dengan kehadiran kita di titik rawan kecelakaan itu, para pengendara bisa mengetahui keberadaan kita untuk menghindari lakalantas di kawasan itu,” ungkapnya.

Baca Juga :  Polsek Gunungsari Tangkap Dua Maling Kompresor Tempat Pencucian Motor

Menurut Samsul, kehadiran polisi di tengah masyarakat sebagai bentuk pemberian pelayanan dan perlindungan untuk memberikan rasa aman dan nyaman. ”Kita ingin memastikan Kamseltibcarlantas (Keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas) di Sumbawa terwujud,” ujarnya.

Samsul mengatakan, saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Jumlah masyarakat yang terpapar Covid-19 tersebut terus meningkat. ”Patroli ini juga kita jadikan momen untuk mengimbau masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan,” jelasnya.

Seperti, mengimbau masyarakat untuk selalu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan saat keluar rumah. Supaya masyarakat terhindar dari Covid-19. ”Kita tidak ingin, lebih banyak masyarakat Sumbawa terpapar Covid-19,” kata dia.

Untuk menekan penyebarannya, Satlantas Polres Sumbawa juga rutin membagikan masker kepada masyarakat pengguna jalan. ”Tujuan kami supaya masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan,” tandasnya. (arl/r1)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/