alexametrics
Jumat, 26 Februari 2021
Jumat, 26 Februari 2021

Sedikit Lagi, Jaksa Tetapkan Tersangka Kasus Pembangunan Gedung RSUD KLU

MATARAM-Penyidikan dugaan korupsi pembangunan gedung RSUD Kabupaten Lombok Utara (KLU) hampir rampung. Penyidik sudah memetakan peran masing-masing orang yang terlibat dalam proyek tersebut. “Tinggal sedikit lagi. Kita sudah petakan peran si A berbuat apa, si B berbuat apa,” kata Aspidsus Kejati NTB Gunawan Wibisono di kantornya, Selasa (19/1).

Calon tersangka sudah ada. Namun, Gunawan enggan menyebutkan nama. “Kita perkuat unsur-unsurnya dulu,” ujarnya.

Penyidik Kejati NTB mengusut dua item pembangunan di RSUD KLU. Yaitu pembangunan gedung intensive care unit (ICU) dan instalasi gawat darurat (IGD).

Proyek ICU dikerjakan PT Apro Megatama asal Sulawesi Selatan dengan anggaran Rp 6,7 miliar. Sedangkan IGD dikerjakan PT Batara Group dengan anggaran Rp 5,1 miliar.
Masa pemeliharaan proyek tersebut sudah berakhir dan sudah diserahkan ke pemerintah atau provisional hand over (PHO) sesuai berita acara Nomor 61/PPK-konstruksi/RSUD.KLU/II/2020 tertanggal 24 Februari 2020.

Gunawan mengatakan, pihaknya sudah turun bersama ahli konstruksi mengecek kualitas bangunan. Terindikasi volume bangunan ada yang tidak terpasang namun sudah dibayar seluruhnya. “Ya, ahli konstruksi menyatakan seperti itu (kekurangan volume pekerjaan),” ujarnya.

Hasil cek fisik tersebut menjadi dasar untuk menghitung kerugian negara. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Inspektorat NTB. “Kita masih menunggu hasil auditnya. Setelah itu baru kita gelar untuk penetapan tersangka,” terangnya.

Sejauh ini, penyidik sudah memeriksa belasan saksi. Ada beberapa saksi nantinya yang bakal dimintai keterangan tambahan. “Kalau tidak salah pekan depan kita panggil lagi saksinya,” bebernya.

Namun, Gunawan enggan menyebutkan siapa saja saksi yang bakal dipanggil lagi. “Saya lupa. Karena banyak berkas pemanggilan saksi yang saya tanda tangani,” ujarnya. (arl/r1)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications   OK No thanks