Selasa, 31 Januari 2023
Selasa, 31 Januari 2023

Polda NTB Tak Temukan Perbuatan Pidana Lansia Mandi Lumpur di Loteng

MATARAM-Penyelidik Polda NTB tidak menemukan indikasi pidana terkait dugaan ekploitasi konten nenek-nenek mandi lumpur untuk mengemis online melalui TikTok di Lombok Tengah. ”Tidak ada sangkaan pidana dalam masalah itu,” ungkap Dirreskrimum Polda NTB Kombespol Teddy Ristiawan, Senin (23/1).

Polda NTB turun menyelidiki kasus tersebut karena menjadi perhatian publik. Itu setelah pasangan suami istri berinisial SAH dan IK, pemilik akun TikTok @intan_komalasari92 membuat konten video nenek-nenek mandi lumpur.

Video tersebut sempat dikomentari pengusaha Jhon LBF. Mengajak pemilik akun untuk bekerja sama. Namun, pemilik akun enggan menanggapi tawaran Jhon. Mereka malah meminta uang Rp 200 juta sebagai modal kerja pada Jhon.

Baca Juga :  Kasus Pembobolan Dana Nasabah Bank NTB Syariah Naik Penyidikan

Penyelidik Polda NTB sudah turun ke lokasi di Desa Setanggor, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah (Loteng). Hasil penyelidikannya, wanita lansia yang mandi lumpur dalam konten itu tidak ada unsur paksaan. ”Dilakukan secara sukarela. Tidak ada paksaan,” kata Teddy.

Persoalan itu juga sudah ditangani dinas terkait. Pemilik akun pun sudah meminta maaf dan tidak akan mengulangi perbuatannya. ”Sudah meminta maaf secara terbuka. Ya, sudah bereslah,” ujarnya.

Disinggung soal kemungkinan menutup akun TikTok @intan_komalasari92, Teddy mengatakan itu bukan kewenangan kepolisian. ”Itu kewenangan kementerian,” ujarnya.

Dari video yang disebar melalui akun TikTok tersebut, seorang lansia duduk di bak mandi dengan air keruh. Selanjutnya, nenek-nenek yang melakukan live di akun TikTok harus mengguyurkan air berlumpur ke sekujur tubuhnya.

Baca Juga :  Setelah Bebas Kasus Curanmor, Masuk Penjara Lagi karena Curi Handphone

Sesekali mereka menyapa penonton. Berharap mendapatkan gift atau hadiah virtual dari para penonton. Hadiah virtual itu nantinya dapat diuangkan. (arl/r1)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks