alexametrics
Jumat, 26 Februari 2021
Jumat, 26 Februari 2021

Tes Urine di Polda NTB, Satu Polisi Positif Gunakan Narkoba

MATARAM-Bidang Propam Polda NTB menggelar tes urine bagi personel yang bertugas di Polda NTB, Senin (22/2/2021). Ada 134 personel yang menjalani tes urine tersebut.

”Hasilnya, ada satu anggota yang positif menggunakan narkoba,” beber Kabid Propam Polda NTB Kombes Pol Awan Hariono.

Namun, Awan tidak menyebutkan nama serta dari satuan kerja (Satker) mana anggota tersebut. ”Intinya ada satu anggota yang positif. Bukan dari Satker Ditresnarkoba. Dari Satker lain,” sebutnya.

Saat ini, Bidang Propam masih mendalami apakah personel tersebut memang menggunakan narkoba atau menggunakan obat lain yang mengandung zat yang ada di dalam narkoba. ”Kami masih dalami dulu,” ujarnya.

Jika memang benar menggunakan narkoba, personel tersebut bakal ditindak tegas. ”Kita lakukan sidang disiplin dan kode etik,” kata dia.

Awan mengatakan, tes urine terhadap anggota Polri merupakan program prioritas Kadiv Propam Polri dalam penguatan pencegahan dini penyimpangan anggota Polri. Terutama dalam penyalahgunaan narkoba. ”Kalau ada anggota Polri yang terlibat bakal ditindak tegas sesuai aturan yang berlaku. Kemungkinan bisa dipecat,” tegasnya.

Tindakan tegas itu untuk memberikan efek jera bagi personel Polri yang lain. Supaya tidak menyentuh narkoba. ”Polri menjadi garda terdepan memberantas narkoba. Untuk itu, kita harus bersihkan di dalam dulu baru kita bersihkan ke luar,” ujarnya.

Sementara itu, Dirresnarkoba Polda NTB Kombes Pol Helmi Kwarta Kusuma Putra Rauf telah menekankan personelnya untuk tidak terlibat dalam jaringan narkoba. Jika terlibat, siap-siap dipecat dari Polri. ”Kapolri sudah memberikan perintah tegas untuk menindak anggota yang terlibat dalam narkoba,” kata Helmi.

Setelah tes urine, dilakukan tidak ada anggotanya yang menggunakan narkoba. Hal itu memberikan dampak positif bagi Satker Ditresnarkoba. ”Artinya, anggota kami ini memang bersih dari penyalahgunaan narkoba,” ujarnya.

Dia tidak ingin anggota yang bertugas di Ditresnarkoba Polda NTB terlibat dalam penyalahgunaan atau berhubungan dengan para bandar narkoba. “Kalau ada yang terlibat saya akan minta Bid Propam memprosesnya,” tandasnya. (arl/r1)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications   OK No thanks