alexametrics
Sabtu, 20 Agustus 2022
Sabtu, 20 Agustus 2022

Penelusuran Polisi: Nilai Aset Mandari Puluhan Miliar

MATARAM-Penyidik Ditresnarkoba Polda NTB telah menelusuri aset milik NJD (inisial, Red) alias Mandari. Hasil penelusuran sementara, polisi menemukan beberapa aset milik terduga bandar narkoba tersebut. ”Kalau kita kalkulasikan nilainya puluhan miliar,” kata Dirresnarkoba Polda NTB Kombes Pol Helmi Kwarta Kusuma Putra Rauf, Selasa (23/2).

Helmi menyebutkan Mandari memiliki rumah mewah di Jalan Gora Selagalas, rumah berlantai dua di Abian Tubuh Cakranegara, villa di Bali, tanah, ruko (rumah toko), dan showroom jual beli mobil. Ada juga uang tersisa di rekengnya Rp 800 juta. “Penulusuran harta kekayaannya bagian dari proses penyelidikan kasus TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang),” jelasnya.

Diketahui, Mandari ditangkap di salah satu hotel di Lombok Tengah (Loteng), Rabu, 6 Januari 2021 lalu. Dia ditangkap bersama suaminya berinisial GBP serta anak buahnya ND, KES, GWP, dan GAA.

Baca Juga :  Jaksa Layangkan Banding atas Vonis Ketua KSU Rinjani Sri Sudarjo

Penangkapan terduga bandar sabu kelas kakap itu berawal dari pengembangan atas penangkapan pengedar sabu di Abian Tubuh, Cakranegara. Saat penangkapan yang dipimpin langsung Helmi itu ditemukan barang bukti 4 gram sabu. Disinyalir, barang haram tersebut berasal dari Mandari.

Helmi mengatakan, seluruh aset Mandari yang ditemukan dari penelusuran tersebut, belum disita. Penyidik harus memastikan dulu apakah seluruh aset itu merupakan hasil dari bisnis narkoba. ”Itu yang masih kita perdalam,” ujarnya.

Saat ini, penyidik masih berkoordinasi dengan ahli dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Mereka menelusuri transaksi keuangan yang dilakukan Mandari. ”Terhubung ke mana saja transaksi keuangannya,” ujarnya.

Hasil penelusuran sementara, memang ada beberapa transaksi yang dilakukan ke luar negeri. Namun perlu didalami transaksi itu dilakukan untuk apa. ”Kita belum tahu apakah untuk transaksi narkoba atau tidak,” kata dia.

Baca Juga :  Punya Novum, Mantan Sekdes Sesait Siap Ajukan Peninjauan Kembali

Perlu diperkuat bukti-buktinya. Supaya pembuktian kasus TPPU-nya bisa lebih kuat. ”Kami masih terus bekerja,” ujarnya.

Sementara berkas penyidikan kasus narkoba, penyidik Ditresnarkoba Polda NTB harus melengkapi beberapa syarat materil. ”Sedikit lagi berkasnya rampung,” kata Helmi.

Dalam kasus narkoba, Mandari disangkakan pasal 112 ayat (2) dan atau pasal 114 ayat (2) dan atau pasal 132 ayat (1) dan atau pasal 131 dan atau pasal 137 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. ”Kita sangkakan dengan pasal itu, karena ada pemufakatan jahat yang dijalankan,” terangnya. (arl/r1)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/