alexametrics
Selasa, 9 Agustus 2022
Selasa, 9 Agustus 2022

Berkas Penyidikan Korupsi Dana Desa Mawu Bima Lengkap, Kades Belum Ditahan

MATARAM-Penyidik Ditreskrimsus Polda NTB telah menyelesaikan proses penyidikan kasus dugaan korupsi penggunaan dana Desa Mawu, Kecamatan Ambalawi, Bima, tahun 2017. Berkas penyidikannya pun sudah dinyatakan lengkap atau P-21.

”Sudah kita terima laporan P-21,” kata Dirreskrimsus Polda NTB Kombespol I Gusti Putu Gede Ekawana Putra, Selasa (29/3).

Saat ini, penyidik tinggal melakukan tahap dua atau pelimpahan barang bukti dan tersangka ke jaksa penuntut umum (JPU). Dalam kasus tersebut penyidik telah menetapkan Kepala Desa (Kades) Mawu nonaktif berinisial AA sebagai tersangka. “Proses tahap dua-nya tinggal menunggu hasil koordinasi dengan jaksa,” kata Ekawana.

Penyidik akan memanggil tersangka setelah koordinasi dengan jaksa klir. Selama proses penyidikan, tersangka tidak ditahan. Pertimbangan penyidik AA masih kooperatif. “Belum kita tahan,” kata dia.

Baca Juga :  Polsek Pagutan Ringkus Perampok yang Beraksi di Kekalik Mataram

Diketahui, tahun 2017 Desa Mawu mengelola anggaran dana desa Rp 1,4 miliar. Anggaran tersebut digunakan untuk menjalankan program fisik dan non-fisik. Antara lain membangun gedung serbaguna, gedung posyandu, rabat jalan, pos kamling, lapangan sepak bola, dan pembiayaan operasional desa.

Dari beberapa pembangunan itu, muncul potensi kerugian negara. Bangunan tersebut tidak sesuai spesifikasi. Berdasarkan hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) ditemukan kerugian negara mencapai Rp 600 juta. ”Sejauh ini belum ada uang pengganti kerugian negara yang dititipkan,” kata Ekawana.

Penyidik telah berupaya meminta tersangka mengembalikan kerugian negara. Guna pemulihan kerugian negara, tetapi tidak ada itikad baik. ”Kalau upaya pemulihan tetap kita lakukan. Tetapi, sampai sekarang belum ada penyetoran penitipan pengganti kerugian negara yang diterima,” bebernya. (arl/r1)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/