alexametrics
Senin, 24 Januari 2022
Senin, 24 Januari 2022

Wajah Baru Taman Rekreasi Loang Baloq: Pengunjung Serasa di Mandalika

Taman Rekreasi Loang Baloq kini menjadi magnet baru destinasi wisata Kota Mataram. Bersaing dengan destinasi wisata yang ada di kabupaten kota lain di NTB.

 

HAMDANI WATHONI, Mataram

 

Matahari senja membuat langit di Pantai Loang Baloq Kota Mataram berwarna jingga. Dari kejauhan terlihat jelas pemandangan Gunung Agung yang ada di seberang Pulau Bali. Sejumlah warga mulai ramai berdatangan memarkir kendaraannya menuju destinasi wisata yang menjadi andalan Kota Mataram. Pantai Loang Baloq.

Ya, pantai ini mungkin sudah tidak asing lagi. Namun kini Loang Baloq punya wajah baru. Setelah ditata dengan guyuran anggaran puluhan miliar. Loang Baloq memberi nuansa segar sebagai tujuan rekreasi keluarga untuk melepas beban pikiran.

“Sudah sering saya ke sini tapi baru tahu sekarang sudah dibuat seperti ini. Taman Loang Baloq jadi makin bagus dan keren,” ujar Huda, salah satu pengunjung asal Pagesangan kepada Lombok Post.

Pria yang bekerja menjadi kurir ekspedisi tersebut mengaku kebetulan lewat jalan di depan Taman Loang Baloq. Namun melihat pemandangan baru, ia pun akhirnya mampir. Ia merasa kagum kini ada destinasi wisata yang menurutnya sangat indah di Kota Mataram.

“Terasa seperti sedang berada di kawasan wisata Mandalika. Tempatnya bagus dan tertata baik. Alhamdulillah kota sekarang punya destinasi wisata yang bagus,” syukurnya.

Konsep wisata taman terbuka persis di pesisir pantai membuat Taman Loang Baloq menjadi lebih indah. Kemudian deretan berugak akan dengan hembusan udara segar pantai membuat orang merasa tenang dan senang.

Namun ia memberi catatan agar destinasi wisata yang baru selesai dibangun akhir tahun tersebut makin indah sehingga semakin banyak pengunjung yang datang. “Kalau bisa pantai yang di depan tetap dijaga kebersihannya. Karena sampah di pantai cukup mengganggu,” katanya.

Tentu sangat disayangkan, keindahan Taman Loang Baloq dengan wajah barunya akan terganggu oleh sampah yang berserakan di pantai. Sehingga kebersihan pantai diharapkan bisa menjadi perhatian pengelola taman ini.

Senada dengan Huda, Nurul juga mengaku senang di Kota Mataram kini ada destinasi wisata baru yang tidak kalah dari kabupaten kota lain di NTB. “Senang ada tempat seperti ini yang tidak jauh dari rumah,” cetusnya.

Destinasi wisata dengan konsep taman terbuka menurut perempuan berjilbab ini lebih banyak disukai pengunjung. Apalagi kalangan milenial. Tak heran banyak pengunjung yang akhirnya mengabadikan gambar Taman Loang Baloq dengan kamera handphone miliknya. Taman Rekreasi Loang Baloq diyakininya ke depan akan menjadi primadona di kalangan wisatawan.

Terlebih ada panggung dan area yang cukup luas untuk menggelar berbagai kegiatan seni dan budaya. “Syukur ada tempat seperti ini di Kota Mataram,” cetusnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi mengatakan Taman Loang Baloq saat ini sudah dibuka untuk umum. Pengelolaannya dikerjasamakan oleh pihak Dinas Pariwisata Kota Mataram dengan Pokdarwis di Kelurahan Tanjung Karang.

Ia berharap Pokdarwis yang mengelola bisa menjaga dan merawat fasilitas yang dibangun Pemerintah Kota melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat tersebut.  “Tiap tiga bulan kami akan evaluasi bagaiamana pengelolaan Pokdarwis. Bagaimana kebersihan tempatnya, toiletnya dan pengelolaan fasilitas di dalamnya,” ungkap Denny.

Ia berarap Taman Rekreasi Loang Baloq bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Kota Mataram. Khususnya mengangkat geliat ekonomi masyarakat sekitar. Terlebih dengan adanya lapak kuliner dan lokasi toko cendera mata yang disiapkan pemerinta di area tersebut.

Saat ini Dinas Pariwisata Kota Mataram tengah membahas dengan dewan mengenai tarif sewa bagi pedagang yang akan menempati lapak kuliner dan toko cendera mata yang ada di Taman Loang Baloq. Termasuk tiket masuk. Agar destinasi wisata ini juga bisa menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kota Mataram. (*/r3)

 

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks