alexametrics
Minggu, 19 September 2021
Minggu, 19 September 2021

Lebih Dekat dengan Komunitas United Indonesia Lombok

Selama 11 tahun terbentuk, komunitas United Indonesia Lombok (UIL) masih solid sampai sekarang. Beranggota ratusan orang, mereka tak sekadar menjadi fans club sepak bola biasa.

 

HAMDANI WATHONI, Mataram

 

Sabtu-Munggu pekan lalu, komunitas UIL baru saja menggelar Pemilu. Meniru konsep pemilihan kepala daerah dan presiden, pemilu dilaksanakan untuk memilih ketua baru kepengurusan 2021-2023. Akhirnya terpilih Paeksa Udayadi sebagai Ketua UIL baru.

“Alhamdulillah saya dipercaya oleh teman-teman,” ujarnya kepada Lombok Post, kemarin (6/9).

Paeksa menjelaskan, United Indonesia Lombok berdiri 5 Mei 2010 silam. Bisa dikatakan, komunitas fans club sepak bola Manchester United ini menjadi salah satu komunitas tertua di Lombok. Sekretariat mereka ada di Majeluk Kota Mataram. Di sana, para anggota secara aktif melaksanakan berbagai kegiatan.

Mulai dari kegiatan rutin mingguan, bulanan hingga kegiatan tahunan. Para member selalu solid untuk menguatkan silaturahmi antar anggota. “Kalau acara tiap minggu kami adakan fun futsal. Kadang sepakbola. Kalau acara tahunan kami mengadakan UIL Futsal Cup, buka puasa bersama, hingga perayaan ulang tahun UIL,” jelasnya.

Selain kegiatan rutin, ada juga kegiatan yang dilaksanakan sifatnya insidental atau kondisional. Misalnya kegiatan baksos peduli bencana seperti yang terjadi ketika gempa mengguncang Pulau Lombok tahun 2018 silam.

Para anggota UIL menggalang dana hingga menyambangi langsung lokasi gempa untuk menyerahkan bantuan. “Saat itu kami ke KLU dan Lombok Timur,” ujar Paeksa.

Dengan kebersamaan saat ini, member UIL yang beranggotakan sekitar 200 orang sudah merasa seperti keluarga. Mereka yang berasal dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, siswa SMA hingga karyawan perusahaan swasta melebur jadi satu.

“Kami tidak membatasi diri kami mempersilakan siapapun yang mau bergabung dengan kami. Yang penting sama-sama suka klub Manchester United,” ucapnya tertawa.

Para anggota UIL kini semakin bersemangat dengan berita kembalinya Cristiano Ronaldo ke Manchester United. Hal ini diyakini akan semakin banyak menambah fans klub asal Inggris tersebut.

Dengan demikian, anggota dan keluarga baru UIL bisa ikut bertambah. Tidak hanya dari Pulau Lombok, bahkan mereka yang tergabung dalam UIL memiliki banyak keluarga di berbagai daerah Indonesia.

“Karena kami ini terdaftar resmi di kepengurusan United Indonesia pusat,” cetusnya.

Anggota UIL seringkali mengikuti kegiatan gathering nasional di beberapa daerah. Misalnya gathering di Bali, Makasar hingga daerah lainnya.

“Bahkan tahun 2020 lalu kami di UIL Lombok seharusnya ditunjuk jadi tuan rumah gathering nasional. Namun karena pandemi, belum bisa terlaksana tahun ini,” ungkapnya.

Sehingga Paeksa berharap tahun depan UIL Lombok bisa kembali dipercaya sebagai tuan rumah oleh pengurus pusat. Sehingga dampaknya bisa menggeliatkan kembali sektor pariwisata yang lesu dua tahun terakhir akibat pandemi korona.

“Paling tidak kami bisa berkontribusi mendatangkan wisatawan domestik. Mudah-mudahan Gatnas United Indonesia tahun depan bisa di Lombok,” harapnya.

Ini juga sejalan dengan perhelatan MotoGP Mandalika yang akan dilaksanakan tahun depan. Sehingga tahun 2022 diharapkan menjadi momentum kebangkitan pariwisata.

“Yang terpenting juga bisa mempererat tali persaudaraan kami sesama penggemar MU dan bisa saling mengenal,” tandasnya. (*/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks