alexametrics
Sabtu, 23 Oktober 2021
Sabtu, 23 Oktober 2021

Menikmati Manis dan Pahitnya Kenangan di Kopi Rasa Mantan di Selong Lotim

Kopi Rasa Mantan tak hanya menjual nama. Selain kemasan yang menggugah, rasanya juga bikin pelanggan pada ketagihan. Apalagi kopi rasa mantan punya banyak varian. Dari rasa mantan terindah, sampai rasa dikhianati mantan. Penasaran?

 

Fatih Kudus Jaelani, Lombok Timur

 

Dengan cermat, Dr Muhamad Ali menimbang biji kopi arabica pilihan. Setelah dirasa pas, ia memasukkan biji kopi ke dalam grinder. Begitu lebur, waktunya mesin pembuat kopi bekerja. “Dan jadilah kopi rasa mantan,” kata Ali sembari menuang kopi ke dalam botol kemasan berukuran 250 miligram.

Doktor pendidikan wirausaha itu memproduksi kopi rasa mantan di lantai dua rumahnya. Bukan kafe atau rumah produksi kopi yang sudah besar. Ya, Ali mengatakan, kopi rasa mantan merupakan usaha rumahan yang coba dirintisnya. Namun dari yang tadinya hanya iseng memberikan contoh pada masasiswa, produksinya ternyata mulai banyak diminati para pecinta kopi.

“Nikmati sensasi rasa kopinya, Lupakan Kenangannya”. Itulah tagline yang akan anda baca pada kemasan kopi rasa mantan.

Ali selalu mengawali penjelasannya dengan senyuman. Dan tak segan menutupnya dengan tawa. Dosen yang humoris itu mengatakan, banyak yang tergelitik dengan nama itu.

Tak sedikit koleganya yang mendapat pertanyaan penuh curiga dari istri mereka ketika membawa pulang kopi rasa mantan. Kata Ali, usaha itu berawal saat ia mendapat banyak kiriman biji kopi dari temannya. Karena di rumahnya ada alat-alat barista, ia kemudian terpikirkan untuk membuat sebuah brand. Entah apa yang terbersit di benaknya saat nama kopi rasa mantan akhirnya tercetus.

“Banyak yang menduga kalau pencetus ide nama ini punya banyak mantan,” kata Ali dibarengi tawa.

Tapi bukan hanya nama saja. Kopi ini memiliki banyak varian rasa. Mulai dari rasa mantan terindah, rasa dikhianati mantan, rasa ditinggal mantan, sampai rasa dipoligami mantan. Rasa mantan terindah dibuat dari kopi, susu, dan gula aren. Kata Ali, karena mantan terindah biasanya seger.

Lalu kopi dikhianati mantan dibuat dari campuran kopi lokal dan dua varian kopi luar daerah. Robusta dan arabica dicampur. “Sehingga menghasilkan rasa asam yang cukup dominan,” terangnya.

Rasa ditinggal mantan juga hampir mirip. Yang ditawarkan asem pahit. 70 persen arabika, 30 persen robusta. Sementara rasa dipoligami mantan, dibuat dari satu varian kopi lokal dan empat varian kopi luar daerah. “Harus empat ya,” terangnya.

Harganya sendiri tergantung dari kemasan. Ada kemasan 250 miligram dengan harga Rp 30 ribu per botol. Ada juga kemasan 100 miligram dengan harga Rp 100 ribu. Dan setiap pembelian satu botol, pembeli digratiskan satu gelas kecil.

Karena rumahan, konsep marketing yang digunakan adalah dari teman ke teman. Hal itu dilakukan dengan menyiapkan kemasan kecil yang mudah dibawa dengan gelas mungil. Setiap duduk bareng, di mana saja, orang bisa menawarkan kopi itu pada kerabat kerjanya.

“Modal uang dalam berwirausaha itu bukan yang utama,” jelasnya. (*/r5)

 

 

 

 

 

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks