alexametrics
Sabtu, 23 Oktober 2021
Sabtu, 23 Oktober 2021

Belajar Bahasa Inggris Menyenangkan di Poseidon Rumah Inggris Lombok

NTB akan menjadi pusat perhatian dunia seiring akan dilaksanakannya berbagai event internasional di Pulau Lombok. Mulai dari World Superbike hingga MotoGP. Sejumlah orang ternyata telah menyiapkan diri untuk menguasai bahasa asing. Salah satu caranya dengan belajar di Poseidon Rumah Inggris Lombok.

 

HAMDANI WATHONI, Mataram

 

Beberapa orang asik mengobrol di salah satu Perumahan Panorama Alam Jalan Arya Banjar Getas Ampenan. Mereka bukan orang asing. Tapi percakapan mereka terdengar menggunakan Bahasa Inggris.

Mereka tak sedang belajar. Hanya mengobrol biasa. Ada yang pekikan tertawa seperti sedang bercanda. Tapi mereka tetap menggunakan Bahasa Inggris.

“Semua aktivitas di sini memang kami wajibkan menggunakan Bahasa Inggris. Khususnya yang mengikuti program english camp,” jelas Muhammad Zulqarnain Idris, salah satu tutor sekaligus pendiri Poseidon Rumah Belajar Inggris Lombok.

Zulqarnain adalah sosok di balik piawainya sejumlah remaja hingga anak-anak di sekitar perumahan tersebut pintar berbahasa Inggris. Bersama tiga tutor lainnya, yakni I Gede Perdana Putra Narayana, Ariyadi Wobowo, dan Ninda Inayatussoleha, mereka telah membuat puluhan bahkan ratusan orang mahir berbahasa Inggris. Maklum, para tutor ini merupakan lulusan Pendidikan Bahasa Inggris dengan predikat Cumlaude di Universitasnya.

Bahasa Inggris memang menjadi bahasa internasional yang dipelajari sejak SD, SMP hingga SMA. Sayangnya, masih banyak orang yang belum bisa berbahasa inggris dengan fasih sekadar untuk berbicara dengan orang lain.

Berangkat dari fenomena inilah, Zulqarnain mendirikan Poseidon Rumah Inggris Lombok. Ini adalah lembaga kursus bahasa inggris yang bisa membantu warga mulai dari anak-anak hingga para karyawaan swasta untuk fasih berbicara Bahasa Inggris dengan cepat.

“Alhamdulillah kami sudah berdiri sejak 2019 lalu. Fokus kami untuk pelatihan Bahasa Inggris semua kalangan. Banyak peserta yang belajar di sini sekarang sudah bekerja di luar negeri hingga kapal pesiar,” terangnya.

Mulai dari anak-anak, pelajar SMP-SMA, mahasiswa hingga untuk pekerja karyawan swasta, hotel dan pekerja yang akan bekerja di luar negeri telah banyak belajar di sini. Mereka mengikuti program english camp, dan program khusus lainnya. “Untuk English Camp, peserta akan belajar speaking, vocabulary, grammar, reading dan writing. Kalau untuk paket non camp, bisa lebih fokus ke speaking atau salah satunya,” paparnya.

Khusus untuk english camp, mereka akan menginap di sekretariat selama sebulan. Dalam aktivitas kesehariannya, semua komunikasi diwajibkan menggunakan bahasa Inggris. “Dalam satu minggu, mereka hanya ditoleransi menggunakan bahasa di luar Inggris lima kali. Kalau sampai lima kali melakukan pelanggaran, mereka tidak boleh ikut ujian,” jelasnya.

“Memang mungkin ada yang tidak bisa, tetapi mereka boleh menggunakan bahasa pendahuluan how to say (bertanya bagaimana cara pengucapan yang benar). Baru bisa dilanjutkan dengan bahasa Indonesia,” jelasnya.

Dari sini akan terlihat siapa yang memang bersungguh-sungguh ingin belajar bahasa Inggris. Kemudian bagi yang tidak memilih english camp, di Poseidon Rumah Inggris Lombok, ada program belajar biasa. Bisa sore atau pun malam. Menyesuaikan jadwal kesibukan peserta didiknya.

Poseidon Rumah Inggris Lombok memiliki one day one vocab. Kemudian satu kata itu dikembangkan menjadi beberapa kalimat dan dijelaskan secara detail. Itu kemudian diposting di akun media sosialnya.

“Belajarnya juga seperti sedang berdialog dan diskusi biasa. Kadang sambil bermain agar tidak terlalu formal. Setelah cukup banyak kosakata yang dipahami, kami kadang Hunting Bule ke beberapa destinasi wisata untuk melatih speaking,” tutur mantan Pengajar Bahasa Inggris di Pare, Kediri, Jawa Timur tersebut.

Metode yang digunakan di Poseidon Rumah Inggris Lombok ternyata ampuh membuat pesertanya belajar Bahasa Inggris dengan cepat. Mulai dari anak-anak, pelajar SMP-SMA hingga pekerja swasta banyak yang belajar Bahasa Inggris di tempat ini. “Ada juga beberapa peserta kami yang bekerja di salah satu kantor katanya belajar Bahasa Inggris untuk mempersiapkan diri menghadapi gelaran MotoGP di Lombok Tengah,” tuturnya.

Tak heran, peserta didik di Poseidon Rumah Inggris Lombok tidak hanya berasal dari Mataram. Ada yang berasal dari Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, bahkan Bima dan Sumbawa.

“Karena kami juga ada program persiapan masuk kepolisian, pelatihan hotel dan kapal pesiar, pelatihan kerja di luar negeri, english for kids dan persiapan untuk kuliah S2. Bisa juga persiapan untuk menghadapi lulus di TOEFL dan IELT,” beber pria yang pernah bekerja di Pullman Puket Thailand tersebut.

Biaya belajar Bahasa Inggris di Poseidon Rumah Inggris Lombok sangat terjangkau. Pendaftaran hanya Rp 200 ribu per program. Di luar biaya pendaftaran Rp 250 ribu include dengan modul, baju dan lainnya. Sementara untuk english camp Rp 850 ribu free tempat tinggal dengan lima kali kelas atau jam belajar tiap harinya.

“Kami mencoba untuk membudayakan Bahasa Inggris di Mataram dan NTB umumnya. Karena pada prinsipnya Bahasa Inggris itu mudah asal dibiasakan dan dipelajari dengan sungguh-sungguh,” ujar pria kelahiran 1996 tersebut. (*/r3)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks