alexametrics
Sabtu, 23 Oktober 2021
Sabtu, 23 Oktober 2021

Pertamina Mandalika International Street Circuit, Bintang Baru MotoGP

Setara Misano Italia, Ungguli Silverstone Inggris

Pertamina Mandalika International Street Circuit memantik perhatian dunia. Tak hanya menjadi sirkuit jalan raya MotoGP pertama di jagat raya, sirkuit ini ternyata dilengkapi dengan teknologi yang diadopsi dari beberapa sirkuit terbaik di berbagai negara. Sirkuit Silverstone Inggris pun lewat.

————————————————-

 

MEMANG, kalau dengan SirkuitMisano di Italia, Sirkuit Mandalika masih berimbang. Sebab, sama-sama menerapkan Misano Kerb Negativ di lintasan. Sementara, yang membuatnya unggul dari Silverstone adalah bahan campuran aspal Stone Mastic Asphalt (SMA). Bahan tersebut lebih baik dari sirkuit ternama di Negeri Ratu Elizabeth tersebut.

“Di sini satu-satunya sirkuit yang menggunakan Misano Negative Kerb selain Misano Italia. Kerb ini lebih lebar dan memberikan visual ke pembalap kalau kerb itu bisa lebih luas,” terang Construction Officer Direktorat Konstruksi dan Pengembangan MGPA Muhammad Awalutfi Andika Putra kepada Lombok Post.

Misano Kerb adalah desain terbaru yang keluar dua minggu sebelum homologasi dilakukan di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Penerapan kerb ini disetujui dan diawasi langsung Safety Officer The Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) Franco Uncini saat datang bersama Managing Director Dorna Sports Carlos Ezpeleta, dan Race Direction Dorna Sports Loris Capirossi beberapa waktu lalu saat meninjau kesiapan sirkuit.

Kerb dijelaskan Dika, sapaan karibnya, menjadi bagian garis pembatas pinggir track yang berpundak dan bergerigi. Gunanya untuk memberikan feel atau warning ke pembalap jika mereka sudah berada di area pinggir sirkuit. Meski bisa dilewati dan diinjak ban motor pembalap, namun getaran akan memberi efek kepada pembalap jika mereka harus segera kembali masuk ke jalur sirkuit.

“FIM meminta kami menggunakan FIM Misano Negative Kerb. Karena bedanya dengan kerp biasa masih jauh lebih lebar sekitar 1,5 meter,” katanya.

Dinamakan Missano Kerp karena pertama kali diuji coba di Sirkuit Misano Italia. Dan ini menjadi standar kerb terbaru dan sudah diterapkan di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Meski terasa lebih kasar, namun kerb ini lebih savety. Berbeda dengan kerb lama yang getarannya tidak terasa. Ini adalah desain terbaru agar pembalap tampil lebih ngotot dan lebih berani.

Sementara aspalnya mengggunakan Shell Caliphalte for Racetrack yang merupakan aspal polimer bitumen. Dengan bahan campuran aspal sirkuit menggunakan Stone Mastic Asphalt (SMA) yang setara bahkan lebih baik dari aspal sirkuit Silrverstone Inggris.

“Kurang lebih sama dengan silverstone. Bahkan mungkin sedikit lebih baik campurannya, karena pada saat pelaksanaan, kita tidak punya problem penurunan suhu seperti di Inggris, karena di sini tidak ada musim dingin,” terangnya.

Aspal spesifikasi SMA memiliki penetrasi grade yang tinggi diatas 78 atau 80 ke atas. Bahkan mengacu ke Sirkuit Silverstone Inggris, penetrasi grade mencapai 82. Ini yang kemudian menjadi standar FMI. Ditambah dengan sistem Drainase Hauraton Hi-cap dan Faserfix yakni sistem drainase berskala internasional, membuat sirkuit Mandalika tidak mudah licin meski terjadi hujan.

Kemudian Pertamina Mandalika International Street Circuit juga menggunakan Geobrugg Concrete Barrier and Pitwall with debris fence atau pagar beton pengaman tahan benturan dengan sertifikasi keamanan dari FIA.

“Jadi sirkuit ini tidak hanya menjadi kebanggaan kita sebagai warga NTB. Tetapi ini akan menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia,” ujar pria kelahiran Kota Mataram tersebut.

Direktur Teknik dan SDM ITDC Taufik Hidayat menjelaskan, kondisi sirkuit saat ini sudah tuntas dan bisa digunakan untuk event. Menyusul semua infrastruktur dasar sudah selesai dibangun dan sudah diserahterimakan pihak pelaksana kepada pihak ITDC. “Insya Allah sudah siap untuk event,” jelasnya.

Yang terdekat di bulan November mendatang yakni Idemitsu Asia Talent Cup yang akan menjadi ajang pembuka di Sirkuit Mandalika. Event ini akan dilaksanakan pada 12-14 November disusul dengan World Superbike yang berlangsung seminggu setelahnya, yaitu 19-21 November 2021.

Kemudian Dorna secara resmi juga telah mengumumkan jika pra musim MotoGP akan dilaskanakan 11-13 Februari. Sementara seri MotoGP Mandalika akan digelar pada 18-20 Maret. (ton/r6)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks