Selasa, 31 Januari 2023
Selasa, 31 Januari 2023

Berkunjung ke Hutan Kota Giong Siu Babakan, RTH Nyaman di Jantung Mataram

Giong Siu menjadi salah satu destinasi wisata yang diyakini akan menjadi idola baru di Kota Mataram. Hutan kota yang ada di Kelurahan Babakan ini menjadi salah satu tempat rekreasi yang asik bareng keluarga.

 

HAMDANI WATHONI, Mataram

 

Pepohonan rimbun memenuhi area seluas 1,3 hektare lebih di wilayah Giong Siu Kelurahan Babakan. Di sebelahnya, Kokok Meneng membelah kawasan ini dengan lahan pertanian warga yang masih tersisa di kota.

Tanaman padi di sawah yang mengepung area hutan kota menjadikan pemandangan hijau terhampar sejauh mata memandang. Wajar kemudian banyak orang yang masih bertanya apakah Giong Siu benar-benar ada di Kota Mataram. Maklum pemandangan seperti ini memang sudah mulai sulit ditemukan di Kota Mataram seiring maraknya pembangunan gedung.

“Ini adalah salah satu hutan kota yang bisa menjadi tempat rekreasi bagi keluarga. Kita bisa menikmati pepohonan yang rimbun dan pemandangan hijau persawahan di sini,” kata Ahmad Ramli, pengurus Pokdarwis Bahana Lestari yang mengelola Giong Siu.

Tempat ini sebelumnya sempat viral. Ratusan orang berkunjung setiap hari ke lokasi ini. Mereka memilih datang ke sini hanya sekadar untuk berlibur dan kemah bareng keluarga. Di lokasi ini, pengelola sudah menyiapkan tenda yang bisa disewa. Tak hanya itu, pengelola juga menyiapkan fasilitas grill hingga pancing yang bisa digunakan pengujung untuk menangkap ikan di Kokok Meneng.

Baca Juga :  M Syarifudin, Sosok di Balik Terbentuknya Satgas Anti Narkoba di Pancor

“Kalau akhir pekan itu selalu ramai yang berkunjung. Baik remaja maupun keluarga,” tuturnya.

Namun belakangan tempat ini sempat vakum karena ada proyek pemasangan talud yang dilakukan pemerintah. Ini sebagai bentuk penataan agar mencegah Kokok Meneng mengalami abrasi dan sedimentasi.

Kemudian jalur Kokok Meneng yang masih satu arah juga membuat kondisi kali ini sering mengalami sedimentasi. Inilah yang akan disiapkan oleh Pemkot Mataram dan pemerintah Kelurahan Babakan agar jalur sungai ini bisa dibuat dua pintu . Dengan demikian, kali Kokok Menang bisa setiap saat dialiri air.

“Karena kalau tidak pakai dua jalur saat musim hujan, airnya akan membahayakan kalau terbendung,” papar pengurus Pokdarwis.

Giong Siu kini siap bangkit kembali. Destinasi wisata ini akan menjadi salah satu tempat favorit di Kota Mataram. Wisawa Giong Siu akan menghadirkan pengalaman rekreasi di hutan kota yang mengesankan. Lokasinya mudah ditempuh dengan akses jalan yang cukup bagus.

Baca Juga :  Manasik Haji Gratis Digelar di Enam Masjid di Kota Mataram

Pengelola kini tengah menyiapkan jembatan unik dan menata kembali destinasi wisata ini. Sejumlah lapak yang bakal menjual kuliner khas juga akan hadir di lokasi ini. Fasilitas tempat ibadah, toilet juga sudah tersedia di lokasi ini.

“Kami juga sering menyiapkan acara nonton bareng di sini. Jadi bisa pusat lokasi wisata rekreasi keluarga. Bisa kemah dan grill dengan nuansa kota. Seru juga untuk ajak anak-anak,” lanjut Mazani, pengurus Pokdarwis lainnya.

Yang menjadi keunggulan dari Giong Siu, tempat ini selalu adem dengan udara menyegarkan. Tak heran anak-anak dari sejumlah sekolah sering menjadikan tempat ini sebagai lokasi out class. Bahkan saat pukul 12.00 WITA ketika matahari menyengat sekalipun, udara di Giong Siu begitu terasa adem.

Tak heran banyak pengunjung memilih tempat ini untuk bersantai dan rileks sejenak dari hiruk pikuk nuansa kota yang sibuk. Selain disiapkan untuk ajang ADWI, tempat wisata ini diharapkan bakal menghadirkan ekonomi kreatif bagi warga setempat. Menghadirkan lapangan kerja dan membawa berah ekonomi bagi Kelurahan Babakan. (*/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks