alexametrics
Jumat, 26 Februari 2021
Jumat, 26 Februari 2021

10 Tahun Ahyar-Mohan, Jalan Mulus Jembatan Membentang Kokoh (3)

Salah satu pembangunan yang paling terasa di kepemimpinan H Ahyar Abduh dan H Mohan Roliskana (AMAN) adalah pembangunan akses jalan dan jembatan. Infrakstruktur inilah yang mendorong geliat ekonomi.

HAMDANI WATHONI, Mataram

 

Bersahaja dan visioner. Pasangan AMAN sepuluh tahun terakhir mencurahkan segenap jiwa, raga, dan tenaganya untuk kemaslahatan warga Kota Mataram. Tak hanya sebatas retorika, tetapi hasil kerja mereka berdua sepuluh tahun memimpin Kota Mataram sangat nyata. Yang ada dipikiran mereka hanya bagaimana masyarakat Kota Mataram sejahtera dalam semua aspek. Khususnya ekonomi, pendidikan, dan sosial kemasyarakatan.

Salah satu upaya untuk menggeliatkan ekonomi masyarakat adalah dengan membangun akses jalan. Selama pemerintahan AMAN, sejumlah jalan baru dibangun. Jalan rusak diperbaiki dan diperlebar.

“Ada beberapa jalan provinsi, tetapi Pemerintah Kota Mataram melakukan pembebasan lahan. Misalnya terusan Gajah Mada sampai batas kota, kemudian Jalan Bung Hatta, Jalan Ade Irma Suryani dan beberapa yang lain,” kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Mataram H Muhammad Yamin kepada Lombok Post, kemarin (9/2).

Keberadaan jalan ini semakin menguatkan posisi Kota Mataram sebagai kota metrpolis. Akses jalan pintu masuk menuju Kota Mataram terbuka lebar bagi warga yang datang dari luar daerah. Terlebih dengan keberadaan menara tembolak warna-warni dan menara Mataram Metro yang ada di Jalur Lingkar Selatan. Seolah menyambut tamu yang datang dari arah bandara di Praya Lombok Tengah.

Begitu juga di dalam perkotaan. Semua akses jalan mulus menghubungkan enam kecamatan dan 50 kelurahan. Beberapa ruas jalan yang dibangun di dalam Kota Mataram diantaranya Jalan TGH Ahyar Abduh di Kelurahan Ampenan Utara, pembangunan jalan di sisi kiri dan kanan Kali Jangkuk sampai jembatan Ampenan, hingga jalan yang ada di daerah perbatasan Kota Mataram dan Lombok Barat. Semua mulus tanpa kerusakan.

“Keberadaan jalan di Kelurahan Ampenan Utara dirasakan sangat membantu warga kami khususnya para pedagang. Mereka bisa mengangkut barang jualannya ke pasar menggunakan kendaraan dengan mudah. Tidak seperti ketika jalannya masih bebatuan dan tanah,” tutur Lurah Ampenan Utara Muslimin.

Terjadi geliat ekonomi yang signifikan ketika jalan dibangun di tengah pemukiman warga. Misalnya saja Jalan Bung Hatta yang dulu mentok di wilayah Monjok. Jalan ini sekarang sudah tersambung hingga Jalan Jenderal Sudirman Gegutu. Memberikan peluang usaha bagi masyarakat.

“Banyak warga yang bisa buka usaha toko dan berbagai jenis usaha lainnya. Kemudian dari sisi harga tanah mengalami kenaikan signifikan. Harga tanah per are mencapai ratusan juta,” ungkap Camat Selaparang Lalu Muksan Jalaludin.

Kabid Binamarga HM Yamin memaparkan, tak hanya jalan, sejumlah jembatan juga dibangun selama masa kepemimpinan AMAN. Misalnya jembatan Repok Bebek dan jembatan Kuning di Dasan Agung. Keberadaan jembatan ini mempermudah akses ekonomi dan akses pendidikan bagi warga setempat.

“Dulu anak-anak menyewa perahu di Repok Bebek menyeberang menggunakan sampan untuk sekolah. Membayar Rp 1.000. Namun mereka kini sudah bisa menggunakan jembatan yang dibangun,” tuturnya.

Begitu juga jembatan yang menghubungkan Kelurahan Dasan Agung dan Dasan Sari, jembatan ini sangat dirasakan manfaatnya oleh warga. Mereka kini bisa terhubung dengan mudah. Tidak lagi seperti sebelumnya yang harus memutar.

Konsentrasi pemerintahan AMAN dikatakan Yamin tak bisa dipungkiri untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan demi kepentingan masyarakat. Di tahun 2017, pemerintah dikatakannya bahkan menganggarkan lebih dari Rp 80 miliar untuk pembangunan dan pemeliharaan jalan di Kota Mataram.

Ini sebagai bentuk komitmen pasangan AMAN memudahkan akses bagi warga Kota Mataram yang muaranya akan berdampak kepada peningkatan kesejahteraan ekonomi, pendidikan, dan sosial kemasyarakatan. (bersambung/r3)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications   OK No thanks