alexametrics
Rabu, 4 Agustus 2021
Rabu, 4 Agustus 2021

Cerita Guntur Sulistyo Raharjo Sediakan Jaringan Internet untuk Gamers

Hampir semua sektor usaha terdampak pandemi Korona. Namun, usaha di bidang komunikasi seperti penyedia jaringan yang dilakukan PT Netzen Media, justru lolos dari badai dahsyat ini. Berikut penuturan Owner PT Netzen Media Akses Guntur Sulistyo Raharjo.

————————————————————-

OLAHRAGA elektronik atau e-Sport kian berkembang pesat di Mataram. Seiring dengan maraknya kejuaran yang digelar secara resmi maupun tidak resmi. Peluang inilah yang ditangkap oleh para pengusaha internet atau penyedia jaringan.

Salah satunya Guntur Sulistio Raharjo, owner sekaligus pimpinan PT Netzen Media Akses yang berkantor pusat di Mataram. “e-Sport ini rata-rata servernya ada di luar. Sebagian besar di Singapura,” tuturnya kepada Lombok Post.

Server game online ini biasanya delivery lewat provider besar seperti Telkom, Indosat, dan lainnya. Namun ada juga Internet Service Provider di luar perusahaan besar tersebut yang punya akses langsung ke Singapura. “Kebetulan kami aksesnya langsung di Singapura,” cetusnya.

Ia menuturkan, beberapa atlet e-Sport atau gamers sering mengeluhkan akses internet yang digunakan. Saat mereka mencoba akses yang biasa dipakai, kadang game yang dijalankan terhambat. Khususnya game online.

Beberapa atlet e-Sport mencoba beberapa jaringan internet, tetapi kurang mendukung. “Misalnya banyak pemain game online PES 2021 tiba-tiba log out atau keluar dari jaringan online. Menyebabkan mereka akhirnya kalah,” tuturnya.

Akhirnya para gamers ini mencoba beberapa jaringan lain. Hingga mereka difasilitasi Ketua e-Sport Mataram Vidi Partisan Gamanjaya untuk bertemu dengan Guntur. “Kami uji cobakan di kantor kami. Kebetulan servernya PES 2021 Asia ada di Singapura. Itu satu rak dan satu deret dengan server kami. Jadi interkoneksi Indonesia-Singapura sangat aman,” jelasnya.

Ini tentu menjadi keunggulan dan keuntungan dibanding yang lainnya. Tak heran, para gamers akhirnya ramai-ramai menggunakan jaringan internet yang disediakan Guntur. “Jadi tidak ada disconnect saat main game online. Jadi sangat cocok untuk e-Sport,” ucapnya.

Jaringan Netzen kini sudah menjangkau Bima, Nusa Dua Bali, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jakarta, dan Sumatra di Kepulauan Riau. Jika dilihat perkembangan saat ini, Guntur mengatakan semua orang butuh internet.

“Sekarang internet menjadi kebutuhan primer. Maka ke depan usaha interenet ini prospeknya bagus. Di tengah pandemi kami juga alhamdulillah tidak terdampak,” ujarnya.

Asgar salah satu atlet e-Sport atau gamers di Kota Mataram mengaku jika dukungan internet sangat mempengaruhi hasil pertandingan. “Karena ketika koneksi internet terputus saat kita sedang bertanding, otomatis kita kalah. Ini yang paling kami khawatirkan,” ungkapnya.

Maka internet menjadi salah satu penunjang penting dalam keberhasilan E-Sport. “Apalagi kalau kita memiliki target juara,” cetusnya.

Asgar yang merupakan komunitas PES Lombok sangat terbantu dengan adanya jaringan internet yang mendukung para gamers. (Hamdani Wathoni/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks