alexametrics
Rabu, 4 Agustus 2021
Rabu, 4 Agustus 2021

RSUD Mataram Siapkan Layanan Telekonsultasi bagi Warga Isolasi Mandiri

Maraknya kasus warga Pulau Jawa dan Bali yang terkonfirmasi positif Covid-19 ditemukan meninggal dunia ketika isolasi mandiri di rumah direspons cepat oleh Satgas Covid-19 RSUD Kota Mataram. Tak ingin hal serupa terjadi di Kota Mataram, pihak rumah sakit menyiapkan inovasi layanan Telekonsultasi terkait Covid-19.

 

HAMDANI WATHONI, Mataram

 

Kasus positif Covid-19 di Kota Mataram terus bertambah. Baik yang tanpa gejala maupun dengan gejala. Setelah dinyatakan positif melalui Swab PCR, banyak warga yang akhirnya isolasi di rumah sakit darurat yang disediakan pemerintah di Hotel Nutana dan Hotel Fizz.

Ada juga yang isolasi di rumah sakit karena memiliki gejala sedang dan berat. Namun ada juga yang memilih isolasi mandiri di rumahnya. “Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang tidak bergejala dan bergejala ringan dapat melakukan isolasi mandiri di rumah,” terang Ketua Satuan Gugus Tugas Covid-19 RSUD Kota Mataram dr. Hj Eka Nurhayati Sp.OG K-FER.

Namun demikian, RSUD Kota Mataram ingin memastikan pasien yang melakukan isolasi mandiri di rumah untuk tetap memperoleh pelayanan Kesehatan. Maka, rumah sakit milik Pemerintah Kota Mataram ini menghadirkan inovasi layanan kesehatan berupa telekonsultasi seputar Covid-19.

“Ini merupakan layanan konsultasi kesehatan terkait Covid-19 secara virtual atau online yang bisa diakses kapan pun dan di mana pun oleh pasien,” jelas Dokter Eka, sapaannya.

Pihak rumah sakit memahami, pasien positif Covid-19 yang sedang isolasi mandiri butuh konsultasi, butuh ketenangan, diperhatikan, dan tahu bahwa mereka menerima pengobatan serta pelayanan yang benar. Sayangnya, kadang mereka dihadapkan pada kondisi ruangan rumah sakit yang penuh hingga ragu untuk melakukan isolasi di rumah sakit. Sehingga mereka memilih isolasi mandiri di rumah.

Melihat kondisi inilah RSUD Kota Mataram menyediakan layanan telekonsultasi. Selain memudahkan pasien untuk konsultasi juga dapat menurunkan risiko penularan Covid-19 karena pasien tidak harus datang ke rumah sakit. Masyarakat bisa konsultasi via telepon atau WhatsApp di kontak 085931061540. Mereka akan dilayani tenaga medis dokter atau dokter spesialis terkait yang menangani pasien Covid-19.

“Dokter nantinya bisa mengidentifikasi pasien berdasarkan hasil konsultasi, untuk selanjutnya dilakukan penanganan berdasarkan kondisi pasien,” jelasnya.

Melalui layanan ini, RSUD Kota Mataram bisa melakukan skrining awal untuk menemukan pasien dengan gejala sedang atau berat. Jika hanya gejala ringan, mereka akan diarahkan bagaimana langkah meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi vitamin atau obat tertentu agar segera sembuh dari Covid-19.

“Termasuk nanti kami akan memberikan paket obatnya melalui fasilitas pengantaran obat gratis RSUD Kota Mataram (Artis Cantik),” jelasnya.

Paket obat akan dikirimkan secara gratis untuk yang benar-benar tanpa gejala. Sedangkan pasien dengan gejala, misalnya demam sedikit, akan diberikan juga paketnya secara gratis sesuai dengan keluhan pasien.

“Pelayanan ini gratis dan dapat diakses selama 24 jam. Selain itu masyarakat juga bisa melakukan konsultasi melaui web rsud.mataramkota.go.id. Untuk keadaan emergency masyarakat dapat segera menghubungi nomor 119 atau (0370) 620009 atau 087-777-577-119 untuk mendapatkan penanganan segera. (*/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks