alexametrics
Sabtu, 20 Agustus 2022
Sabtu, 20 Agustus 2022

Untuk Hidup Kembali Senggigi Jangan di Anak Tirikan Lagi

Laporan Khusus : Menata Kembali Pariwisata Senggigi (Bagian V)

Sementara itu, Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Mataram Prof Mansur Afifi tak menampik bahwa Senggigi sudah lama hilang daya tariknya. Karena itu, untuk membangkitkan kembali harus ada afirmasi dari pemerintah. Dimana diperlukan penyebaran secara merata kegiatan di daerah. Kegiatan pemerintah jangan hanya terpusat di satu titik. Misalnya di Mandalika saja. Lalu melupakan Senggigi.

Menurutnya, kunci membangkitkan Senggigi itu harus meningkatkan kunjungan. Sehingga dampaknya, permintaan akan meningkat di lokasi tersebut. ”Kalau yang datang sudah banyak, permintaan akan banyak juga,” tuturnya.

Kalau ini bisa terwujud maka usaha yang memang sempat mati bisa kembali bangkit. Dikarenakan permintaan yang terus meningkatkan di Senggigi. Disinilah pemerintah sangat berperan. Sebab pemerintahlah yang bisa melakukan lobi-lobi atau negosiasi dalam mendatangkan tamu berskala besar. ”Pemerintah bisa lobi-lobi event nasional maupun internasional di daerah,” jelasnya.

Baca Juga :  Lombok Barat Kumpulkan Rp 109 Juta dari Pelanggar Prokes

Ia pun melihat pemerintah NTB beberapa tahun silam mampu menghadirkan berbagai event nasional dan internasional. Kala itu pun kunjungan ke NTB cukup besar dengan berbagai tamu baik domestik maupun mancanegara. Ini cukup membawa andil meningkatnya sektor pariwisata pada kala itu. ”Pariwisata saat paling banyak terdampak akibat itu,” tuturnya.

Hanya saja, sekarang hal itu dirasa berkurang dilakukan rezim pemerintahan saat ini. Sehingga dampaknya ke sektor pariwisata. (ton/nur/r6)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/