alexametrics
Senin, 3 Oktober 2022
Senin, 3 Oktober 2022

Hatmi Erawati, Warga Sayang-Sayang Pembuat Tepung Mocaf Kaya Nutrisi

Hatmi Erawati menjadi salah satu pelaku UMKM yang memiliki produk unik. Ia membuat tepung mocaf yang kaya nutrisi. Tepung buatannya banyak diincar karena tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tetapi juga kecantikan.

HAMDANI WATHONI, Mataram

Tepung mocaf belakangan ini menjadi salah satu jenis tepung bahan kue yang paling banyak dicari. Tepung ini diyakini kaya nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Ternyata, peluang usaha produksi tepung mocaf sudah jauh digeluti oleh Hatmi Erawati, warga Kelurahan Sayang-sayang Cakranegara.

“Saya sudah mulai produksi tepung mocaf sejak tahun 2013 lalu secara manual,” tuturnya.

Tepung mocaf adalah salah satu jenis tepung yang terbuat dari singkong. Tepung ini dibuat dengan metode fermentasi. Karakteristiknya mirip dengan tepung terigu walaupun berbahan dasar singkong.

“Tembung mocaf berbeda dengan tepung ubi. Tepung ubi hanya diparut kemudian dihaluskan menjadi tepung. Kalau tepung mocaf ini melalui proses fermentasi. Tepung ini setara kandungan karbohidratnya dengan beras dan rasanya hampir sama dengan tepung terigu,” jelasnya.

Baca Juga :  Tingkat Kesembuhan di Mataram Meningkat, Warga Diminta Tetap Disiplin

Tepung mocaf bisa digunakan menjadi pengganti tepung terigu. Bisa digunakan untuk membuat jajanan kue ataupun makanan lainnya.

Yang membuat tepung mocaf ini istimewa, kandungan nutrisinya leih lengkap. Tidak hanya karbohidrat tetapi juga kalsium, protein oligasakarida, fosfor fitoestrogen serta glukosa. Roti yang dibuat dengan tepung mocaf juga akan terasa tidak mudah lembek adonannya.

Yang tak kalah penting dijelaskan Hatmi, tepung mocaf banyak dicari meski harganya lebih mahal karena memilik manfaat tidak hanya untuk kesehatan saja tetapi juga untuk kecantikan. “Tepung ini sangat cocok untuk orang yang mau diet. Makannya sekali, kenyangnya sepanjang hari,” ucapnya tertawa.

Tak heran kemudian harganya memang lebih mahal dibandingkan tepung terigu. Hatmi menjual satu kilogram tepung mocaf dengan harga Rp 25 ribu. Lebih mahal dibandingkan tepung terigu yang harganya kisaran Rp 13 ribu.

Baca Juga :  Budidaya Madu Trigona di Punia, Khasiat Tinggi Banyak Dicari saat Pandemi

Tepung mocaf menurut hasil penelitian juga bisa membantu percepatan regenerasi sel. Sehingga bisa membantu mencegah penuaan lebih dini. “Kalau hasil penelitian Unram, tepung ini bisa mencegah pengentalan darah,” cetusnya.

Kandungan seratnya juga dapat mencegah gangguan pada pencernaan anda bahkan mengatasi beberapa jenis gangguan pencernaan seperti susah BAB dan sembelit. Sehingga tepung ini bagus untuk menjaga kesehatan organ pencernaan. Konsumsi tepung mocaf secara teratur konon diyakini bisa bikin awet muda. (*/r3)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/