alexametrics
Senin, 3 Oktober 2022
Senin, 3 Oktober 2022

Mahacita Andanalusia, Dosen Unram Kembangkan Skin Care dari Cokelat Lombok

Dosen Unram yang satu ini bukan dosen biasa. Di balik kesibukannya menjadi dosen, Mahacita Andanalusia berhasil membuat produk skin care yang banyak diminati masyarakat. Lantaran bahan yang dipilih untuk membuat skin care ini merupakan bahan alami yang didapatkan dari petani lokal yang ada di Pulau Lombok.

 

HAMDANI WATHONI, Mataram

 

Cita, sapaan karib Dosen Farmasi Unram ini terlihat energik. Wajahnya segar penuh semangat. Ia memperkenalkan produk Naturadic body butter buatannya saat acara temu bisnis UMKM unggulan yang digelar LPPM Unram belum lama ini.

“Naturadic ini adalalah salah satu skin care untuk tubuh. Kami berikan nama Naturadic karena komposisinya menggunakan bahan alam. Kami ambil bahannya dari Lombok Utara,” kata Cita kepada Lombok Post.

Bahan pembuatan Naturadic ini terbuat dari cokelat dan virgin coconut oil. Dipadukan dengan beberapa bahan lain yang baik unuk perawatan kulit. Cita memilih menggunakan bahan lokal karena menurutnya bahan tersebut tak kalah bagus dari bahan luar daerah bahkan luar negeri.

Baca Juga :  Vividerm Sunblock Buatan Lombok yang Berhasil Go International

Ia terinsipirasi membuat skin care berbahan alami karena latar belakangnya yang merupakan seorang apoteker. Ia juga mengaku sangat suka dengan kosmetik yang berbahan alami. “Cuma selama ini banyak skin care yang berbahan herbal justru bahannya didatangkan dari luar daerah bahkan luar negara. Makanya kami ingin ada yang memanfaatkan bahan lokal,” tuturnya.

Akhirnya di tahun 2021 lalu, ia sempat Jalan-jalan ke Kampung Senaru yang ada di Lombok Utara. Di sana ia melihat ada bubuk cokelat, lemak dan bahan pembuatan skin care lainnya. Makanya di sana kami terinsipirasi membuat untuk formula itu.

“Kami mulai mengembangkan awal tahun 2021 hanya satu produk body butter. Kami sistemnya pre order. Ketika ada pesanan baru kami buatkan karena produksinya masih home industri di rumah saya di Kekalik,” terangnya.

Biasanya pelangganya berasal dari kalangan remaja hingga pegawai kantoran. Body Butter Naturadic ini memiliki kandungan cokelat yang bisa menjadi anti aging. Bagus untuk mencegah keriput pada tubuh. Produk ini banyak dipesan oleh kalangan pekerja yang kesehariannya bertugas di ruangan kering yang menggunakan pendingin ruangan.”Bisa digunakan sebelum tidur atau saat kulit kering. Harganya Rp 60 ribu. Bisa bertahan sampai satu tahun tidak rusak. Karena kami pakai cokelat asli,” jelasnya tersenyum.

Baca Juga :  Ini Dia, Cara Unik Inspektorat Kota Mataram Cegah Gratifikasi

Body butter ini juga dijelaskannya berfungsi untuk mencegah dehidrasi kulit. Karena kandungan bahannya bisa melembabkan kulit. Karena dinilai potensial dan menarik, akhirnya Cita mendapat bantuan pembinaan dari LPP Unram. Ia mendapatkan bantuan alat untuk pengolahan sehingga bisa produksi lebih banyak dari sebelumnya.

“Ketika awal mulai, saya buat bersama tim secara manual pakai tangan dan blender. Tetapi sekarang dibantu beli bahan dan mesin pencampur body butter. Jadi sekarang bisa buat lebih banyak,” syukurnya. (*/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/