Selasa, 31 Januari 2023
Selasa, 31 Januari 2023

Mengenal Bidan Winda, Owner Winda Baby Spa Mataram

Di Kota Mataram, nama Bidan Winda tentu sudah tidak asing lagi. Khususnya bagi para perempuan atau ibu yang memiliki bayi dan balita. Ia adalah owner dari Winda Baby Spa yang ada di Jalan Bung Karno Kota Mataram.

 

HAMDANI WATHONI, Mataram

 

Baby spa menjadi salah satu perawatan yang kini banyak dilakukan para ibu untuk buah hati mereka. Ini dilakukan agar dapat memberikan dampak positif bagi tumbuh kembang bayi. Di Kota Mataram, baby spa yang paling banyak dikunjungi para ibu rumah tangga adalah Winda Baby Spa yang ada di Jalan Bung Karno. Usaha ini dirintis oleh Bidan Winda, sapaan perempuan yang memiliki nama lengkap Sulis Dwi Endang Windari, S.Tr.Keb,CSMT tersebut.

“Saya mulai usaha baby spa ini sejak tahun 2017 lalu,” tuturnya kepada Lombok Post.

Kuliah di DIII Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram, Winda kemudian memilih melanjutkan D4 Universitas Ngudi Waluyo. Setelah tamat, ia tidak langsung bekerja di fasilitas kesehatan seperti rumah sakit atau puskesmas. Ia memilih membuka layanan baby spa.

“Sejak kuliah sudah saya pikirkan setelah saya tamat apabila saya tidak punya pekerjaan, saya harus kemana. Makanya saya sering ikuti pelatihan yang ada di luar,” ucapnya.

Baca Juga :  Wajah Baru Taman Sangkareang Mataram, Gerbang Selatan Indah di Kala Malam

Ia beberapa kali mengikuti pelatihan baby spa. Ini adalah terapi yang sangat bagus untuk tumbuh kembang anak. Tidak hanya menjaga kesehatan anak tetapi juga bisa mengobati gejala sakit tanpa harus menggunakan obat-obatan atau antibiotik.

“Akhirnya saya bawa pulang ilmu yang saya dapatkan saat kuliah di Universitas (Ngudi Waluyo) ke Lombok. Saya mulai merintis dari layanan home care rumah ke rumah,” kenang ibu satu anak ini.

Ia membawa  kolam renang yang dipompa secara manual hingga keliling menggunakan sepeda motor. Kala itu, Winda mengaku belum mampu membeli banyak alat perawatan bayi seperti saat ini.

Namun, ia akhirnya pernah kerja sama dengan dokter spesialis anak untuk memberikan terapi. Setelah cukup lama menekuni usaha baby spa, tahun 2020 silam Winda akhirnya memutuskan membuka usaha sendiri. “Itu sama sekali tidak bantuan siapapun. Murni keinginan sendiri,” ungkap alumni SMPN 4 Gerung dan SMAN 2 Mataram ini.

Dari hari ke hari, rumah baby spa yang ia buka semakin dikenal masyarakat. Sebagian besar mereka yang sudah datang ke tempat Winda akan kembali lagi. Sehingga Winda Baby Spa miliknya pun kian dikenal masyarakat. AKhirnya, ia pun merekrut empat karyawan yang membantunya bekerja melayani customer.

Baca Juga :  Kurangi Macet Simpang Empat Tanah Aji Mataram Kembali Dibuka

Kini, ia tengah melanjutkan sekolah profesi kebidanan di Poltekkes Kemenkes Mataram. Agar bisa membuka praktek rumah bersalin. “Bidan itu banyak sekali yang bisa dikerjakan dengan ilmunya untuk ibu dan bayi. Ilmu yang didapatkan di kuliah bisa diterapkan di luar,” cetus perempuan kelahiran 1996 ini.

Ruang kerja bidan tidak hanya terbatas bekerja di fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit. Banyak hal lain yang bisa dilakukan dengan ilmunya. Yang terpenting dikatakannya adalah seorang bidan harus memiliki hati yang tulus dalam merawat bayi atau pun ibu hamil. Meski akan banyak tantangan yang dihadapi menjalani profesi ini, ia mengaku itu semua harus diterima. “Itu agar kita bisa lebih maju lagi,” tegasnya.

Di Mataram dan Lombok umumnya, masyarakat awalnya masih banyak yang awam dengan baby spa. Ini yang terus ia edukasi. Apalagi orang tua yang takut bayinya dipegang orang lain.

“Tetapi ketika mereka melihat bayinya lebih sehat dan tidur nyeyak setelah terapi baby spa, mereka akhirnya senang. Dan kita pun sebagai bidan harus tahu berbagai macam karakter anak dan bayi. Itu wajib dipahami,” terang bidan yang juga bekerja di RSUD Awet Muda Narmada tersebut. (*/r3)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks