alexametrics
Selasa, 16 Agustus 2022
Selasa, 16 Agustus 2022

Kesadaran Masih Kurang, Tusuk Sate Berserakan di Lapangan Sangkareang

MATARAM-Kesadaran warga yang berkunjung ke Taman Sangkareang untuk menjaga kebersihan masih perlu ditingkatkan. Beberapa sisa makanan masih dibuang begitu saja di taman yang berlokasi di samping barat kantor wali kota Mataram tersebut. Salah satunya bekas tusuk sate.

Di pagi hari, di area lapangan rumput Taman Sangkareang banyak ditemukan sisa tusuk sate berserakan. “Ini sangat berbahaya karena banyak anak-anak bermain di lapangan tanpa alas kaki,” ujar Ari, salah seorang warga.

Beberapa warga akhirnya berinisiatif memungut tusuk sate yang jumlahnya mencapai ratusan tersebut. Kondisinya yang berserakan di sejumlah titik kadang luput dari petugas kebersihan yang biasa membersihkan Taman Sangkareang. “Harus jeli melihat sisa tusuk sate ini. Karena kadang tidak terlihat, ini yang membuatnya bisa membahayakan warga,” lanjutnya.

Baca Juga :  Pelayanan Satu Lokasi Untuk Percepat Perbaikan Rumah Rusak Berat

Lurah Mataram Barat Desi Wulandari menyampaikan, sebenarnya Taman Sangkareang memiliki petugas kebersihan. Bahkan Satgas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sudah  mengedukasi para pedagang maupun pengunjung agar membuang sampah di tempat yang telah disediakan.

“Tidak hanya bekas tusuk sate, tetapi plastik bekas minuman kadang berserakan di mana-mana,” ucapnya.

Ketua APKLI Kota Mataram M Syahidin mengakui, masalah ini menjadi pekerjaan rumah bagi pihaknya. Bagaimana mengedukasi pedagang kaki lima agar tetap menjaga kebersihan. “Tetapi untuk PKL di Taman Sangkareang ini sebenarnya sudah membayar retribusi kebersihan. Petugas DLH menarik retribusi Rp 2.000 ke pedagang setiap malam,” ucapnya.

Dengan jumlah puluhan pedagang di Taman Sangkareang, ia berharap petugas DLH juga bisa melaksanakan tugasnya. Karena pedagang sudah memberikan kontribusinya. “Kami harap petugas juga menyisir lapangan. Karena kadang warga yang membeli makanan yang membawa sisa makanannya ke tengah lapangan meski sudah disiapkan tempat pembuangan sampah,” paparnya. (ton/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/