alexametrics
Kamis, 13 Mei 2021
Kamis, 13 Mei 2021

Ramadan Nanti Masjid Akan Sering Disemprot Disinfektan

MATARAM-Semua masjid di Kota Mataram akan disemprot disinfektan. Kebijakan ini dilakukan untuk mecegah penularan virus Korona saat salat Tarawih.

“Kita ingin penyemprotan disinfektan pada bulan puasa tidak hanya satu kali dalam seminggu. Namun bisa lebih banyak lagi,” kata Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Mataram Mahfuddin Noor pada Lombok Post.

Pihaknya akan melakukan koordinasi dengan lurah terkait penyemprotan disinfektan di setiap masjid. Dia ingin penyemprotan disinfektan dilakukan menyeluruh di semua masjid.

“Sekali lagi, program ini untuk semua masjid yang menggelar Salat Tarawih,” tegas pria yang juga menjabat kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram ini.

Ia akan meminta petugas BPBD segera berkoordinasi dengan pihak kelurahan untuk penyemprotan disinfektan di setiap masjid. Tak hanya itu, pihaknya juga akan melakukan pemantauan terkait pelaksanaan ibadah pada bulan puasa ini agar menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

“Paling tidak Prokes di tempat peribadatan harus berjalan,” ujar pria yang karib disapa Fudin ini.

Tak hanya tempat ibadah, lanjut dia, namun pihaknya juga sudah menjadwalkan penyemprotan disinfektan di semua kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMN, dan tempat umum lainnya. Termasuk penyemprotan disinfektan di sekolah guna mempersiapkan belajar tatap muka (PTM) yang rencananya akan dilakukan setelah lebaran. “Penyemprotan disinfektan akan kembali kita intensifkan,” tutur dia.

Terpisah, Asisten I Setda Kota Mataram Lalu Martawang menuturkan, pelaksanaan Salat Tarawih berjamaah di masjid selama Ramadan 1442 Hijriah bisa dilaksanakan dengan menerapkan Prokes.

“Silakan salat Tarawih di masjid, tapi harus ikuti dan sesuaikan dengan prokes zonasi sebaran Covid-19 di masing-masing lingkungan. Karena penularan Covid-19 masih tinggi,” kata pria yang karib disapa Aweng ini.

Dia menjelaskan, penerapan prokes sebagai upaya mengantisipasi sebaran kasus Korona saat pelaksanaan Salat Tarawih. “Tahun lalu atau diawal pandemi Covid-19 kita mengimbau masyarakat agar melaksanakan Salat Tarawih di rumah masing-masing. Kalau sekarang silakan disesuaikan,” tutur dia. (jay/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks