alexametrics
Selasa, 22 September 2020
Selasa, 22 September 2020

Jangan Sia-Siakan Status Geopark Dunia

MATARAM-NTB beruntung punya Unesco Global Geopark (UGG) Rinjani Lombok. Warisan geologi dunia di Bumi Sasak ini benar-benar menakjubkan. Selain menyisakan bekas-bekas letusan gunung purba. Taman bumi Rinjani juga kaya dengan flora fauna. Serta budaya masyarakat yang hidup di dalamnya.

Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Prof H Arief Rachman mengingatkan, dengan ditetapkannya Rinjani sebagai geopark dunia, pemerintah, masyarakat dan para ilmuan harus sama-sama menjaga semua warisan alam itu.

”Jangan sampai hilang,” kata Arief, usai pembukaan Asia Pacific Geoparks Network (APGN) Symposium 2019, di Hotel Lombok Raya, kemarin (3/9).

Manfaat utama status UGG menurutnya adalah untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Dari situs–situs geopark itu, masyarakat dunia belajar tentang sejarah letusan yang mempengaruhi kehidupan manusia di masa lampau.

Manfaat lainnya membangun kesadaran masyarakat untukmengkonservasi warisan dunia. Dengan status UGG masyarakat dunia akan ikut menjaganya. Bila hilang, kerugian tidak hanya dirasakan warga Indonesia, tetapi juga warga dunia.

“Bila hilang ekosistem akan ikut rusak,” katanya.

Paling penting dari semua itu, UGG Rinjani Lombok harus mampu menggairahkan ekonomi lokal. Potensi Rinjani harus dikelola dengan benar, sehingga warga di sekitarnya merasakan manfaatnya.

”Jangan sampai geopaknya saja yang bagus tetapi masyarakatnya miskin,” kata mantan Menteri Pendidikan itu.

Senada dengan Arief, Geolog Badan Geologi Bandung Heryadi Rachmat mengatakan, Pemda NTB harus memanfaatkan status UGG. Jangan sampai masyarakat tidak menikmati keberadaan geopark tersebut.

Sebab itu, UGG Rinjani harus segera dikembangkan. Destinasi pariwisatanya dikelola secara profesional dengan prinsipkonservasi, edukasi dan peningkatan ekonomi.

Konservasi diperlukan karenaketikakekayaan alam rusak, butuh ribuan tahun untuk mengembalikannya. Termasuk flora fauna yang sifatnya endemik. Harus dijaga. “Kalau itu hilang maka nilai destinasi sudah berkurang,” ujarnya.

Kemudian edukasi, setiap situs dibuatkan papan informasi dengan tulisan yang mudah dipahami masyarakat umum. Dan yang penting adalah peningkatan ekonomi masyarakat lokal.

“Harus yang menikmati adalah masyarakat setempat,” katanya.

Dengan pengembangan pariwisata akan muncul ekonomi kreatif. Di sana akan muncul guide, poter, penjualan cendera mata, kuliner dan penginapan atau homestay yang layak.

“Sekerang sudah punya status jangan sampai disia-siakan,” tegas Heryadi.

Terkait singkapan Tanak Beak, Heryadi menyerukan semua pihak harus mendukung. Jangan sampai langsung disanggah tanpa penelitian yang jelas. Menurutnya sikap itu aneh, harusnya dibuktikan dengan cara riset juga.

“Orang sudah berupaya, langsung disanggah tanpa bukti,” ujar mantan Kadis Pertambangan NTB itu.

Satu-satunya jalan untuk melestarikan bukti sejarah geologi di Tanak Beak, Pemda segera melindungi tempat itu. Bahkan Balai Arkeologi di Denpasar merekomendasikan untuk melindungi tempat itu.

Momentum Bersejarah

Sementara itu, pembukaan APGN Symposium 2019 berlangsung meriah dengan tarian kolosal berjudul “3 Secrets of Rinjani” karya sutradara dan koreografer NTB, Lalu Surya Wulawarman. Penampilan para penari mendapatkan tepuk tangan meriah dari para peserta yang hadir.

Gubernur NTB NTBH Zulkieflimansyah mengatakan, ditunjuknya Lombok sebagai lokasi The 6th  APGN Symposium 2019 sangat berarti. Agenda itu akan menjadi sejarah bagi masyarakat NTB. Sebab, NTB menjadi tuan rumah pertama di Indonesia.

Zul mengatakan, masyarakat NTB sedang berusaha bangkit pasca dilanda bencana gempa. Meski dampaknya sangat parah, namun masyarakat NTB punya semangat yang kuat. Menjadi tuan rumah simposium APGN merupakan momentum menunjukkan pada dunia masyarakat NTB kuat. “Orang yang kuat adalah orang yang terjatuh tujuh kali, namun mampu bangkit delapan kali,” katanya.

Dia berharap, kegiatan APGN menjadi forum untuk berbagi pengalaman serta untuk belajar bagaimana mengelola potensi alam. Pada akhirnya bisa menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat.

Sementara, Presiden Global Geopark Network Nicholas Zaucus mengaku bahagia hadir di simposium APGN. Sebagai tuan rumah untuk geopark dan geosite, Lombok merupakan salah satu daerah landscape terindahdi dunia. Suksesnya pelaksanaan APGN merupakan komitmen pemerintah dan masyarakat NTB. Termasuk komitmen melindungi kekayaan geologi. ”Manfaatnya tidak hanya bagi masyarakat lokal, namun juga dunia,” katanya.

Banyaknya peserta yang hadir,merupakan komitmen bersama dalam pembangunan geopark di Asia Pasifik. Serta komitmen melindungi warisan dunia. Karena itu, simposium tidak membahas masalah teknis geopark. Namun juga tentang pembangunan berkelanjutan geopark. ”Semua kita memiliki tanggung jawab,” tegasnya.

Geopark Kaldera Toba Lolos

Simposium APGN menjadi forum membahas standar geopark dunia.Juga membahas usulan calon-calon geopark dunia. Dalam sidang dewan Unesco di Gili Trawangan, dua usulan Indonesia dibahas seybagai calon UGG. Namun hanya Geopark Kaldera Toba yang lolos. Dia akan  diterima sebagai anggota baru UGG dalam sidang Unesco, April 2020.

Sementara Geopark Belitung ditunda karena belum melengkapi syarat. Dia diberikan waktu setahun untuk melengkapi dokumen boundaries atau batas-batas geologinya. Sidang di Gili Trawangan juga memutuskan UGG Gunung Sewu mendapat green card untuk melanjutkan status sebagai UGG. ”Setelah dievaluasi Gunung Sewu masih layak menyandang status UGG,” akata General Manajer UGG Rinjani Lombok Chairul Mahsul.

Berikutnya Giliran Tambora

Evaluasi status UGG dilakukan empat tahun sekali. UGG Rinjani Lombok akan dievaluasi Unesco tahun 2021 mendatang. Selain Rinjani, Tambora juga rencananya akan diusulkan menjadi UGG. Peluang Tambora sangat besar. Selain memiliki nilai-nilai universalsebuah geopark, Tambora juga memiliki sejarah panjang yang berpengaruh pada sejarah dunia.

Guy Martini, perwakilan Unesco Global Geopark menyebut Tambora tempat yang menarik. Menurutnya, dari film tentang Tambora yang diputar saat pembukaan simposiummemberikan gambaran awal Tambora layak diusulkan sebagai anggota UGG.

Meski Ia mengakui belum memiliki cukup referensi terkait Tambora. Namun dari argumentasi delegasi yang mengusung Tambora, dia sangat tertarik dan akan segera mengunjunginya.

Ketua delegasi Geopark Tambora Ridwan Syah optimis Tambora dapat ditingkatkan menjadi global geopark.Selain memiliki sejarah panjang terhadap peradaban dunia, Tambora secara fisik memiliki kekayaan alam yang luar biasa. “Sebagian peserta APGN berencana berkunjung ke Tambora untuk melihat langsung,” katanya.

Pusat Bantu Program

Deputi IVBidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim, Kemenko Maritim Safri Burhanuddin dalam pertemuan itu berharap, setelah menjadi tuan rumah simposum APGN, manajemen UGG Rinjani Lombok membenahi infrastruktur pendukung. ”Kawasan yang masuk Unesco global geopark menjadi perhatian Bappenas,” katanya.

Pusat dan daerah akan berkolaborasi melakukan konservasi kawasan UGG. Dia berharap perguruan tinggi di NTB memperbanyak penelitian tentang UGG Rinjani Lombok. Bantuan yang diberikan pemerintah pusat tidak mesti dalam bentuk gelondongan dana, tapi bisa berupa progam. Baik program koservasi maupun penataan infrastruktur. ”Disebutkan sebagai UGG akan dapat anggaran khusus, tapi bukan harus berbentuk rupiah,” tandasnya. (ili/r6)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Tagih Piutang Rp 3 Miliar PT GNE Libatkan Kejaksaan

Sekitar Rp 3 miliar uang PT Gerbang NTB Emas (GNE) tercatat sebagai piutang. Sejumlah perusahaan masih berhutang pada perusahaan daerah milik Pemprov NTB ini. “Makanya kita akan menggunakan JPN (jaksa pengacara negara) untuk menagih,” kata Direktur PT GNE Samsul Hadi, Jumat (18/9).

VIDEO : Buron ke Kalimantan, Pulang, Saen Diringkus di Lingsar

Pelarian anggota komplotan pencurian dengan pemberatan berinisial SR alias Saen, berakhir. Pria 31 tahun, asal Dusun Bagek Nunggal, Desa Peteluan Indah, Lingsar, Lombok Barat, itu dibekuk setelah setahun buron. ”Pelaku pulang karena rindu keluarga,” kata Kapolsek Lingsar AKP Dewi Komalasari, Sabtu (19/9).

WCD, Warga Lobar Bebaskan Pantai Cemara dari Sampah

Ribuan orang di Lombok Barat (Lobar) memperingati World Cleanup Day (WCD), akhir pekan kemarin. Kegiatan ini dipusatkan di Pantai Cemara. ”Semuanya terlibat. OPD, kecamatan, desa, bahkan masyarakat juga ramai ikut,” kata Bupati Lobar H Fauzan Khalid, Sabtu (19/9).

Bawaslu Dorong Pendaftaran Sengketa Online

Penetapan pasangan calon Pilkada 2020 akan dilakukan pada lusa mendatang (23/9) di Kantor KPU masing-masing daerah. Bawaslu kini mulai mempersiapkan diri menghadapi sengketa pencalonan. Sebab diperkirakan, bapaslon yang dinyatakan tidak memenuhi syarat akan membawa kekecewaannya ke Bawaslu.

Ada Apa dengan Pulau-pulau Kecil?

SAYA diundang oleh Ketua LPPM Unram, Dr. Muhammad Ali dalam diskusi untuk merevisi Rencana Induk Penelitian Universitas Mataram lima tahun ke depan. Salah satu bagian yang cukup alot diskusinya adalah ketika mendiskusikan fokus penelitian di Unram. Mengapa harus ada fokus?

Penyuntikan Vaksin Korona Untuk Warga Dimulai Januari 2021

Pemerintah telah bekerja sama dengan Uni Emirat Arab dan mendapatkan vaksin untuk Covid-19 sebanyak 20 juta dosis. Rencananya, vaksin mulai didistribusikan pada Desember.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Siswa SMP di Loteng Menikah, Kenal Lewat HP, Pacaran Cuma Empat Hari

Meski belum cukup umur, Suhaimi dan Nur Herawati telah resmi menjadi pasangan suami istri. Bagaimana kisahnya sampai mereka memutuskan menikah? Berikut ulasannya.

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...

Film MOHAN, Ini Dia Official Teasernya

Rumah Produksi Warna tengah merampungkan pembuatan film MOHAN. Film bergenre drama remaja tersebut tengah memasuki fase shooting. Namun demikian sebagai bocoran Warna telah meluncurkan cuplikan Official Teaser nya.

Di Tengah Pandemi Korona, Dua Murid SMP di Lombok Tengah Menikah

Saat sekolah tak kunjung dibuka karena Pandemi Korona dua pelajar SMP di Lombok Tengah memilih untuk melangsungkan pernikahan Sabtu (12/9) lalu. Mereka adalah Suhaimi, kelas 2 SMP asal  Desa Pengenjek, Kecamatan Pringgarata menikahi Nur Herawati, kelas 1 SMP.
Enable Notifications    Ok No thanks