alexametrics
Senin, 21 September 2020
Senin, 21 September 2020

Duh, Giant Bakal Tutup! Pemkot Mau “Curhat” ke Pusat

MATARAM-Beredar surat. Isinya pemberitahuan Giant Ekstra di Gegutu menghentikan penerimaan barang dari vendor atau supplier.

Dalam surat itu juga dijelaskan, rencana Closing Store atau tutup per tanggal 1 April 2019. Surat itu ditanda tangani Niko Pranata, Departemen Head Giant Gegutu. Selain itu ada I Made Putra Priandana, MOD Giant.

Asisten II Setda Kota Mataram H Mahmuddin Tura mengaku sudah mendengar informasi itu. Tapi belum ada surat pemberitahuan resmi ke pemkot. “Iya sempat dengar,” kata Tura.

Ia sendiri menyayangkan jika rencana tutupnya Giant Ekstra itu benar. Tura berharap supermarket besar itu bisa bertahan lama. Tapi ia juga tidak bisa mengintervensi kebijakan manajemen. Jika penutupan itu terkait finansial dan penjualan produk di sana.

“Iya sangat kita sayangkan, sebelumnya juga ada Hypermart dan Smart Club,” ungkapnya. Ini belum termasuk tutupnya Lombok City Center (LCC) yang ada di perbatasan antara Kota Mataram dan Lombok Barat.

Tutupnya usaha para investor kakap ini akan jadi isu utama. Yang rencanannya bakal dibawa pemkot saat bertemu dengan Presiden di Jakarta minggu depan.

Bagi Tura, pembahasan ini perlu disampaiakan secara khusus. Agar ada kebijakan regulasi yang tepat. Demi menyelamatkan wajah investasi di daerah. Termasuk di Kota Mataram.

“Ini harus kita sampaikan dalam pertemuan di Jakarta, minggu depan,” kata Tura.

Ia berharap. Tutupnya Giant yang juga sebelumnya didahului Hypermart dan Smart Club, tidak kontra produktif dengan semangat daerah yang saat ini terus membuka dan memudahkan izin investasi. Selain tutupnya, supermarket-supermarket itu, Tura juga mengaku juga dapat keluhan dari beberapa investor lain.

“Iya ada juga (dari Mataram Mall) dan Transmart yang mengeluhkan banyak tenantnya yang tutup,” ungkapnya.

Secara pribadi, Tura mengamati ada beberapa faktor yang memicu lesunya dunia usaha saat ini. Sekaliupun laju pertumbuhan ekonomi Kota Mataram masih sangat baik dan di atas rata-rata nasional. Tetapi munculnya pesaing-pesaing usaha baru, tak seimbang dengan peningkatan daya beli masyarakat.

“Ritel dan supermarket bertambah, sekalipun ada pertumbuhan ekonomi tapi tak berdampak pada keuntungan usaha,” nilainya.

Lalu yang kedua, lahan yang kurang strategis. Menurut Tura, ada kajian potensi keekonomian yang kurang menyeluruh. Ketika akhirnya investor membulatkan tekad menanam modal di kawasan itu.

Kawasan Gegutu, tempat berdirinya Giant saat ini, relatif sepi dan jauh dari pemukiman warga. “Tapi coba lihat Giant yang di jalan Panji Tilar Negara, saya misalnya yang tinggal di sana lebih memilih beli di situ daripada yang di Gegutu,” terangnya.

Tura pun termasuk yang tak setuju. Daya beli masyarakat tengah anjlok. Faktanya, berbagai kebutuhan hidup masih bisa dijangkau dengan baik. Begitu juga hasil survei BPS menunjukan pertumbuhan ekonomi kota cukup bagus. Yakni 8,17 persen, sepanjang tahun 2018.

“Mungkin ada dampak gempa bumi, tapi saya rasa masyarakat kota bisa cepat bangkit,” ulasnya.

Tura lebih melihat gaya transaksi yang berubah. Dari yang dulunya offline dan masyarakat yang aktif mencari toko-toko. Kini beralih ke transaksi online. Di mana masyarakat dilayani ke rumah tanpa perlu menyita waktu secara berlebihan.

“Apalagi dari segi harga, yang online berani menawarkan harga yang lebih murah dari toko, makanya banyak yang beralih,” tandasnya. (zad/r5)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Kampung Sehat, Warga Desa Setanggor Semangat Gotong Royong

GAIRAH warga Desa Setanggor, Kecamatan Praya Barat sedang menggebu-gebu untuk mewujudkan lingkungan mereka yang bersih dan sehat. Karena itu, jangan heran manakala menemukan semangat gotong royong masyarakat di desa ini sangat tinggi.

Satu Gerakan, Warga Desa Kuripan Lawan Penyebaran Covid-19

Warga Desa Kuripan kian konsisten menerapkan protokol kesehatan. Apalagi setelah berhasil menyabet juara pertama untuk tingkat kabupaten di lomba Kampung Sehat. Sederet inovasi pun telah disiapkan Desa Kuripan.

Simulasi KBM Tatap Muka SMA Sederajat di NTB Pekan Kedua Dimulai

Simulasi KBM tatap muka untuk SMA sederajat di NTB memasuki pekan kedua. ”Sambil kami tetap memantau perkembangan penyebaran Pandemi Virus Korona,” kata Kepala Dinas Dikbud NTB H Aidy Furqan, pada Lombok Post, Minggu (20/9/2020).  

Mendikbud Pastikan Wacana Penghapusan Mapel Sejarah Hoaks

”Tidak ada sama sekali kebijakan regulasi atau perencanaan penghapusan mata pelajaran sejarah di kurikulum nasional,” tegas dia.

HARUM Goda Pemilih Millenial Lewat Lomba Film Pendek dan E-Sport

Bakal Calon Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana mencoba menggoda pemilih milenial. Caranya, dengan menggelar film pendek dan e-sport. "Orang yang menggeluti dunia film tidak banyak. Bagi sebagian orang ini ekslusif. Prosesnya panjang," kata Mohan Sabtu malam (19/9) lalu.

Cerita Shaina Babheer saat Memerankan Sosok Kikin dalam film MOHAN

Shaina Azizah Putri dipilih untuk memerankan sosok Kikin Roliskana dalam film pendek berjudul "Mohan". Ini menjadi tantangan baru bagi dara yang sudah membintangi beberapa sinetron dan FTV nasional ini.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Siswa SMP di Loteng Menikah, Kenal Lewat HP, Pacaran Cuma Empat Hari

Meski belum cukup umur, Suhaimi dan Nur Herawati telah resmi menjadi pasangan suami istri. Bagaimana kisahnya sampai mereka memutuskan menikah? Berikut ulasannya.

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...

Film MOHAN, Ini Dia Official Teasernya

Rumah Produksi Warna tengah merampungkan pembuatan film MOHAN. Film bergenre drama remaja tersebut tengah memasuki fase shooting. Namun demikian sebagai bocoran Warna telah meluncurkan cuplikan Official Teaser nya.

Di Tengah Pandemi Korona, Dua Murid SMP di Lombok Tengah Menikah

Saat sekolah tak kunjung dibuka karena Pandemi Korona dua pelajar SMP di Lombok Tengah memilih untuk melangsungkan pernikahan Sabtu (12/9) lalu. Mereka adalah Suhaimi, kelas 2 SMP asal  Desa Pengenjek, Kecamatan Pringgarata menikahi Nur Herawati, kelas 1 SMP.
Enable Notifications    Ok No thanks