alexametrics
Selasa, 27 September 2022
Selasa, 27 September 2022

Dishub Mataram Pesimis Bisa Capai Target Retribusi Parkir

MATARAM-Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mataram pesimis bisa mencapai target retribusi parkir tahun ini. Saat ini, realisasi retribusi parkir baru Rp 4,2 miliar dari target Rp 28 miliar lebih.

“Tapi capaian ini sudah cukup bagus, melampaui tahun lalu yang hanya mencapai Rp 3 miliar lebih,” kata Kepala Dishub Kota Mataram M Saleh.

Diutarakan, target retribusi parkir tahun ini sebesar Rp 28 miliar dengan asumsi ada kenaikan tarif. Tapi Dishub belum bisa menaikan tarif parkir meski sudah masuk APBD. Tahun depan, Saleh akan meminta ada penyesuaian target retribusi parkir.

Sesuai kajian Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) target retribusi parkir sekitar Rp 11 miliar. “Kita minta Rp 9 miliar, ini yang terendah,” ucapnya.

Baca Juga :  Kampanye Sehat, HARUM Siapkan Satgas Covid-19 di Setiap Pertemuan

Dia menyebutkan, jukir yang menggunakan sistem non tunai atau barcode sebanyak 701 dari total 741 titik. Namun sistem bergilir parkir tepi jalan mengganggu pendapatan dengan sistem non tunai. “Pembayaran non tunai cukup mendongkrak pendapatan,” ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Mataram Abd Rahman mengatakan, persoalan retribusi parkir selalu menjadi sorotan karena tidak pernah memenuhi target. Capaian retribusi parkir dari tahun ke tahun jauh dari target. “Jangankan mencapai target, mendekati target saja tidak pernah,” celetuknya.

Menurutnya, apa yang direncanakan Dishub dalam menggenjot PAD dari sektor parkir tidak jalan. Mestinya, dengan belanja besar yang dikeluarkan hasilnya juga besar. “Sesuai belanja yang dikeluarkanlah. Ini belanja besar hasilnya kecil,” sindir politisi Gerindra ini.

Baca Juga :  Belajar Dari Rumah Pemerintah Siapkan Paket Internet Murah

Harusnya kata Rahman, ada evaluasi yang dilakukan Dishub terhadap pengelolaan parkir tepi jalan umum. Karena capaian retribusi parkir tidak hanya memenuhi target tahun ini, namun sudah bertahun-tahun. (jay/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/