alexametrics
Senin, 24 Januari 2022
Senin, 24 Januari 2022

Banjir, Disdik Mataram Minta Sekolah Berikan Dispensasi

MATARAM-Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Mataram memberikan dispensasi bagi sekolah untuk melaksanakan ujian semester ganjil. Mengingat hujan yang mengguyur Kota Mataram kemarin membuat sejumlah sekolah tergenang.

“Beberapa sekolah tergenang sehingga tidak memungkinkan melaksanakan ujian,” kata Kepala Disdik Kota Mataram HL Fatwir Uzali, kemarin.

Tak hanya sekolah, namun Halaman Kantor Disdik juga tergenang. Dari infotmasi yang diterima koran ini, sejumlah sekolah menunda ujian semester lantaran kondisi sekolah yang tergenang.

Fatwir mengatakan, beberapa sekolah di Kecamatan Cakranegara dan Sandubaya tergenang. Bahkan ada beberapa wali murid yang meminta izin agar menunda ujian karena menjadi korban banjir. “Dalam Kondisi darurat seperti ini sekolah harus berikan dispensasi,” cetus mantan kepala SMAN 1 Mataram ini.

Dia tidak ingin ada sekolah yang memaksakan siswanya mengikuti ujian. Karena bagaimanapun ada juga wali muraid yang rumahnya terdampak genangan dan banjir rob.

“Ini untuk kebaikan kita bersama. Silahkan sekolah buat jadwal ulang ujian sementer,” saran Fatwir.

Dia juga sudah meminta pihak sekolah untuk membersihkan lingkungan sekolah. Terutama membersihkan sampah agar tidak ada sumbatan air. Begitu juga pohon  dirampingkan agar nantinya tidak ada ranting atau pohon tumbang.

“Ini harus dilakukan guna menghindari hal yang tidak kita inginkan,” tuturnya.

Kepala SMPN 7 Mataram H Sibawaih sudah memberikan dispensasi bagi siswa utuk melaksanakan ujian kapan saja. “Kemarin tetap kita melanjutkan ujian. Ada beberapa siswa yang tidak masuk karena cuaca ekstrem,” ujarnya.

Kendati demikian dia tetap mnemberikan kesempatan bagi siswa untuk ujian. Karena tidak menutup kemungkinan ada saja dari wali murid yang rumahnya tergenang. “Siswa yang tidak masuk tetap kita berikan kesempatan untuk ujian,” tukasnya. (jay/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks