alexametrics
Jumat, 12 Agustus 2022
Jumat, 12 Agustus 2022

14 Warga Cakranegara Utara Kena Demam Berdarah

MATARAM-Sebanyak 14 warga Kelurahan Cakra Utara positif Demam Berdarah Dengue (DBD). Mereka diduga terjangkit DBD karena kondisi lingkungan tempat tinggal mereka yang tidak bersih.

“Harusnya kaleng atau botol plastik di halaman rumah dibersihkan,” kata Lurah Cakra Utara I Gde Sweca pada Lombok Post, Senin (8/3/2021).

Warga yang terjangkit DBD berasal dari dua lingkungan. Yakni Lingkungan Sindu Barat empat orang dan Lingkungan Sindu Timur sepuluh orang. Dengan kejadian ini, pihaknya sudah bersurat ke Puskesmas Karang Taliwang dan Dinas Kesehatan Kota Mataram untuk melakukan fogging (pengasapan) di dua lingkungan tersebut. “Dua lingkungan ini sudah kita fogging,” kata Gde, sapaan karibnya.

Tak hanya itu, pihak puskesmas juga melakukan penyelidikan epidemiologi (PE). Kegiatan ini dilakukan lewat penelusuran latar belakang warga yang positif. Seperti tempat tinggal dan pekerjaan. Sehingga mereka bisa ditahu penularan BDB dari mana. “Sejauh ini warga terjangkit DBD di tempat  tinggal. Karena dalam bak mandi ditemukan jentik nyamuk,” ungkap dia.

Baca Juga :  Katanya Cuma Genangan tapi Gak Beres-beres

Sweca juga meminta warga mencegah DBD dengan menerapkan perilaku 4M Plus. Yakni menguras, mengubur, menutup, memantau tempat yang potensial sebagai tempat nyamuk berkembang biak. Serta menghindari gigitan nyamuk menggunakan pemberantas nyamuk dan menggunakan kelambu. “Kita juga minta warga gotong royong bersihkan lingkungan,” ungkap dia.

Diutarakan, dengan adanya fogging masyarakat merasa senang. Padahal pengasapan hanya untuk membunuh nyamuk dewasa saja. Sementara jentik nyamuk tetap ada. Disamping itu, fogging tidak baik bagi kesehatan.

“Saya rasa yang paling efektif mencegah DBD dengan pemberantasan sarang nyamuk (PSN),” tutur dia.

Dia meminta warga jangan hanya mengandalkan pemerintah untuk mencegah DBD dengan melakukan fogging. Namun harus ada kesadaran dari masyarakat bagaimana menjaga lingkungan agar tetap bersih dan terhindar dari DBD.

Baca Juga :  NTB dan Denmark Jalin Kerja Sama

Kepala Puskesmas Karang Taliwang dr Dewi Nurlita ditanya soal jumlah pasien DBD yang ditangani di puskesmas setempat melalui via telepon belum ada jawaban. (jay/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/