alexametrics
Sabtu, 20 Agustus 2022
Sabtu, 20 Agustus 2022

Tambahan 100 Vial Sinovac, Prioritaskan Guru dan Lansia

MATARAM-Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Mataram kembali mendapat tambahan vaksin Sinovac sebanyak 100 vial dari Pemprov NTB. “Sebelumnya vaksin di Dikes ini kosong,” kata Kepala Dikes Kota Mataram dr Usman Hadi.

Vaksin ini bisa digunakan untuk seribu orang. Kata Usman, 100 vial akan dibagi ke sebelas fasilitas kesehatan (faskes) di Kota Mataram untuk melayani vaksinasi guru yang berada di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram dan lansia. “Selain itu tambahan vaksin juga akan digunakan untuk guru SMP di bawah naungan Dinas Pendidikan Kota Mataram,” ujar dia.

“Kalau guru di bawah naungan Kemenag, yang negeri saja 500 orang. Belum yang swasta,” imbuh Usman.

Baca Juga :  Pilkada, Revitalisasi Pasar Kebon Roek Ditunda

Menurutnya, vaksin 100 vial hanya bisa dibagi untuk fasilitas kesehatan. Tidak sampai ke RSUD Kota Mataram.

Usman mengatakan, tambahan vaksin ini akan meningkatkan cakupan vaksinasi bagi masyarakat. Terutama bagi lansia. “Sekarang cakupan vaksinasi lansia sudah mencapai 66 persen dari target 13.366 orang,” bebernya.

Meskipun menjadi prioritas, kata dia, para lansia ini sedikit yang datang untuk melakukan vaksinasi karena adanya keterbasan. Misalnya, tidak ada yang mengantar dan kesulitan berjalan.

“Kita sudah buka pelayanan, namun masih sedikit lansia yang datang. Alasannya mayoritas tidak ada yang mengantar,” kata dia.

Usman menjelaskan, karena menjadi prioritas, akhirnya pihaknya harus jemput bola untuk menyasar para lansia. Dikes berkoordinasi dengan pihak kelurahan agar vaksinasi yang dilakukan tidak mewajibkan Lansia untuk datang ke Puskesmas. “Kita jemput bola. Tempatnya di kantor lurah,” kata dia.

Baca Juga :  LP2B Terus Menuai Masalah

Lurah Bertais H Amanah menuturkan, vaksinasi di kantor lurah dilakukan selama dua hari dengan kuota 33 orang. “Kita sudah memberitahukan kepala lingkungan (kaling) dan kader posyandu. Vaksinasi kita prioritaskan bagi kalangan lanjut usia,” kata dia. (jay/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/