alexametrics
Minggu, 20 Juni 2021
Minggu, 20 Juni 2021

RSUD Kota Mataram, FK Unram, dan RSUP NTB Jalin Kerja Sama

MATARAM-Kualitas layanan kesehatan terus ditingkatkan rumah sakit pemerintah daerah di Kota Mataram. Baik yang dimiliki oleh Pemkot Mataram maupun milik Pemerintah Provinsi NTB.

Dua rumah sakit pemerintah daerah yakni RSUD Kota Mataram dan RSUD Provinsi NTB kemarin menjalin kerja sama dengan Fakultas Kedokteran Unram untuk menghasilkan tenaga dokter yang  berkualitas.

“Kami igin mensinergikan rumah sakit Provinsi NTB dan Kota Mataram. Memberikan kesempatan kepada calon dokter lulusa Unram untuk lebih banyak mendapatkan kasus kesehatan dengan belajar di RSUD Kota Mataram dan RSUD Provinsi NTB,” terang Direktur RSUD Provinsi NTB dr. HL Herman Mahaputra kepada Lombok Post, kemarin (7/6).

Semakin banyak kasus kesehatan yang ditangani calon dokter Universitas Mataram di RSUD Provinsi NTB dan RSUD Kota Mataram, maka kualitas mereka akan lebih baik ketika lulus nanti. Dokter lulusan Unram akan diyakini lebih profesional dan berkualitas.

“Ini menjadi tanggung jawab kita bersama menghasilkan dokter yang berkualitas. Kualitas dokter ditentukan bagaimana mereka menangani kasus sebanyak mungkin,” terang Dokter Jack, sapaannya.

Rumah sakit provinsi dikatakannya akan menjadi pusat pendidikan calon dokter. Kemudian RSUD Kota Mataram dan rumah sakit yang ada di kabupaten kota lain bisa menjadi jejaringnya. Sehingga semua pihak ke depan akan saling menggandeng meningkatkan kualitas layanan kesehatan kepada masyarakat.

“Akan ada juga nanti jurusan spesialis baru di Unram. Ini impian kami dari dulu, Alhamdulillah kesampaian. Tripartit, RSUD Kota Mataram, RSUP NTB dan Unram bisa menjalin kerja sama. Memberikan kesempatan kepada calon dokter kita bisa mengeksplorasi diri,” tegasnya.

Sementara Plt Direktur RSUD Kota Mataram HL Martawang mengatakan kerja sama antar pemberi layanan kesehatan dan pendidik SDM kesehatan memastikan gerak langkahnya bersama. Berada dalam kemitraan yang sejajar. RSUD Kota Mataram, RSUD Provinsi NTB serta FK Unram sepakat kerja sama terkait peelitian, pelayanan kesehatan dan pengabdian kepada masyarakat.

“Sekarang sudah tidak ada sekat antar tiga stake holder terkait. Semua bisa saling mendukung dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” katanya.

Rumah sakit tidak hanya pada konteks pemberian layanan. Tetapi rumah sakit bisa memberikan tempat terbaik bagi calon dokter media untuk mengembangkan kualitas pelayanan kesehatan. Penelitian dan kajian ilmiah juga bisa dilakukan calon dokter lulusan Unram.

“Ke depan harapan kami pelayanan tidak hanya meningkat tetapi kualitas sumber daya manusia pemberi layanan juga bisa ditingkatkan. Kami sekarang sudah bisa seiring sejalan karena sudah berkolaborasi,” ucap Martawang yang juga asisten I Setda Kota Mataram ini.

Dengan kebersamaan dan kerja sama ini diharapkan outputnya kualitas layanan publik bisa ditingkatkan. (ton/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks