alexametrics
Minggu, 20 Juni 2021
Minggu, 20 Juni 2021

Tangani Sampah di Sungai Jangkuk, Kaling Sintung Minta Jaring Sampah

MATARAM-Sampah di Sungai Jangkuk, Lingkungan Sintung, Kelurahan Banjar, Kecamatan Ampenan dikeluhkan warga. Sampah yang kerap dibuang ke sungai menjadi persoalan dan belum ada solusi hingga kini.

Parahnya lagi, jaring penahan sampah sudah dibongkar. “Kita berharap jaring penahan sampah dibuatkan lagi agar tidak berserakan di sungai seperti sekarang ini,” kata Kepala Lingkungan Sintung Imam Jafar, belum lama ini.

Sebelumnya kata dia, ada jaring dibuat pemerintah untuk menahan sampah. Namun karena volume sampah di sungai cukup banyak jaring tersebut dibongkar tidak bisa menahan sampah yang datang dari arah timur.

Kendati demikian, dia berharap Dinas Lingkungan Hidup (DLH) membuat kembali jaring untuk penahan sampah di sungai tersebut agar tidak berserakan seperti sekarang ini. “Sampah banyak di sungai ini,” keluh Jafar.

Dia tidak menampik kesadaran warga masih rendah dalam membuang sampah. Sampah yang ada di Sungai Jangkuk bukan dari masyarakat Lingkungan Sintung saja, melainkan dari luar. Apalagi  saat debit air naik pasti sampah di sungai cukup banyak. “Kalau tidak ada jaring atau penghalang seperti dulu sampah ini akan ke laut,” terang dia.

Tak hanya itu, Jafar juga meminta pemerintah membuat tempat tambatan perahu nelayan di bataran muara Sunagi Jangkuk agar perahu nelayan bisa parkir. Karena dari 500 kepala keluarga (KK) di Lingkungan Sintung sebagian besar mata penchariannya sebagai nelayan. “Paling tidak dengan adanya tambatan ini ada tempat nelayan mengikat perahunya,” ucapnya.

Jika terus-menerus diikat di talud bataran sungai seperti sekarang ini dia khawatir akan roboh dan menjadi persoalan baru. “Pas gempa 2018 lalu talud ini sudah miring,” imbuh dia.

Diutarakan, jalan inspeksi di Lingkungan Sintung sepanjang 411 meter akan menjadi pusat keramaian. Apalagi jalan ini sudah sudah bisa menghubungkan ke Pantai Muara Jangkuk (Mujang). “Lambat laun banyak pengunjung yang akan berwisata ke sungai dan pantai di Lingkungan Sintung ini,” tutur dia.

Rahman, warga setempat juga mengeluhkan banyaknya sampah yang ada di Sungai Jangkuk. Menurutnya, sungai yang melintas di Lingkungan Sintung bisa menjadi obyek wisata. Namun karena banyaknya sampah membuat keindahan sungai hilang. “Sampah di sungai banyak, apalagi saat airnya pasang pasti banyak sampah,” kata dia. (jay/r3)

 

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks