alexametrics
Minggu, 20 Juni 2021
Minggu, 20 Juni 2021

Kurang Representatif, Ruang IPJ RSUD Kota Akan Dibenahi

MATARAM-Ruang Instalasi Pemulasaran Jenazah (IPJ) di RSUD Kota Mataram dinilai kurang representatif. Jenazah di rumah sakit yang akan dipulangkan, harusnya tidak melalui pintu depan, melainkan dari pintu belakang.

“Kalau dari depan bisa mengganggu psikologis pasien lainnya,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Kota Mataram Lalu Martawang.

Dia meminta pemkot membebaskan lahan seluas 5 are dekat ruang IPJ. Sehingga nantinya ketika ada jenazah yang akan dipulangkan tidak lagi melalui pintu depan, melainkan langsung bisa dibawa ambulans dari pintu belakang. “Ini akan kita minta menjadi prioritas,” tutur Aweng, sapaan karibnya.

Dia berharap ruang IPJ bisa masuk tender tahun ini. Rumah duka harus lebih representatif. Bisa dilalui mobil ambulans. “Kita tinggal bebaskan lahan yang kosong itu. Kalau tidak salah luasnya 5 are,” terang dia.

Menurutnya, sudah sewajarnya jika pemulangan jenazah dari RSUD Kota Mataram dilakukan melalui pintu belakang. Sehingga tidak ada beban psikologis bagi pasien atau pengunjung lainnya. “Kalau melihat ada pasien meninggal tentu pasien lainnya ada beban psikologi,”kata dia.

Jika IPJ sudah representatif tambah dia, RSUD Kota Mataram tidak lagi berbicara tentang sarana dan prasarana. Melainkan bagaimana meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di rumah sakit setempat. “Sekarang ini kita lagi jajaki kerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Mataram,” tukas dia. (jay/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks