alexametrics
Rabu, 15 Juli 2020
Rabu, 15 Juli 2020

Penularan Korona di NTB, Kota Mataram Paling Gawat

MATARAM-Kota Mataram, ibu kota NTB menjadi daerah paling rawan. Rasio jumlah kasus Covid-19 baru Mataram masuk lima besar nasional, dengan insiden rate 80 per 100 ribu penduduk.

”Kita berharap angka ini berangsur menurun sejalan dengan berjalannya waktu,” kata Kepala Dinas Kesehatan NTB dr Hj Nuhandini Eka Dewi, dalam keterangan persnya, kemarin (11/6).

Eka menjelaskan, angka 80 didapatkan dari 353 pasien positif di Mataram dibagi jumlah penduduk dikalikan 100 ribu. ”Inilah angka yang menduduki posisi kelima dari kota-kota dengan insiden rate tertinggi se-Indonesia,” katanya.

Dalam rakor virtual bersama Presiden RI dan para gubernur se-Indonesia, Rabu (10/6), terungkap lima daerah di Indonesia dengan kasus baru tertinggi. Jakarta pusat menjadi daerah paling tinggi insiden rate-nya yakni 149.2 per 100 ribu penduduk; kemudian Kota Jayapura 108 per 100 ribu jumlah penduduk; Kota Surabaya 107,6; Kota Banjarmasin 94,5; dan kelima Kota Mataram.

Sedangkan insiden rate NTB 17,17 per 100 ribu penduduk. Angka itu didapatkan dari 10 kabupaten kota. Artinya lebih dari 17 orang terjangkit Covid-19 tiap 100 ribu penduduk di NTB. ”Untuk menurunkan angka positif baru mari kita patuh pada protokol kesehatan Covid-19. Protokol sederhana tapi bermakna apabila diikuti,” kata Eka.

Terkait hal ini, Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah meminta kewaspadaan ditingkatkan. ”Sosialiasi untuk mengedukasi masyarakat harus terus digencarkan,” tegasnya.

Ia meminta masyarakat NTB tetap mengikuti protokol kesehatan guna mencegah dan menurunkan kasus Covid-19. ”Terutama bagi warga Kota Mataram,” ujarnya.

Pemprov akan koordinasi intensif dengan Pemkot Mataram guna menyosialisasikan protokol kesehatan secara masif kepada masyarakat. ”Kita akan langsung turun ke lapangan terutama di tempat-tempat keramaian, semua protokol kesehatan akan kita perkuat kembali,” tegasnya.

Ia meminta bantuan TNI, Polri, dan Satpol PP meningkatkan jumlah personel di setiap pos-pos penjagaan. ”Sinergitas antara semua pihak juga menjadi faktor penting untuk mempercepat penanganan,” tandasnya.

 

Batal Meninggal

           

Sementara itu, kasus Covid-19 di NTB kembali bertambah 23 kasus. Mereka berasal dari Mataram 13 orang, Lombok Barat tujuh orang, Lombok Timur dua orang, dan Sumbawa satu orang. ”Sehingga total kasus positif hari ini 891 orang dengan rasio positif 10,2 persen,” kata Kadikes NTB dr Nurhandini Eka Dewi.

Dibanding sebelumnya, penambahan pasien sembuh kali ini lebih sedikit dibandingkan kasus positif baru, hanya 14 orang sembuh. Dengan demikian pasien sembuh 522 orang atau 58,5 persen. ”Kabar bahagianya tidak ada pasien kita meninggal,” ujarnya.

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 meralat pengumuman yang menyatakan pasien 865 Ny. M meninggal dunia. ”Telah diralat oleh RSUD Mataram bahwa yang bersangkutan masih berada di ruang isolasi dan alhamdulillah keadaannya stabil,” katanya.

Ia berharap M segera pulih dan dapat kembali ke rumah berkumpul dengan keluarga. Dengan demikian, kasus meninggal menjadi 32 orang atau 3,5 persen dari seluruh pasien positif. ”Pasien yang masih dirawat 337 orang,” katanya.

 

Buka Pariwisata

 

Terpisah, dalam rapat koordinasi persiapan pembukaan kawasan wisata tiga gili, Eka menjelaskan, NTB belum memenuhi kriteria melaksanakan new normal. Namun upaya membuka kembali objek pariwisata tiga gili tetap menerapkan SOP kesehatan yang ketat.

”Masyarakat harus mulai menjalankan pola hidup sehat, mengikuti protap kesehatan mencegah covid-19,” katannya di Aula Bhakti Husada Dikes NTB, kemarin.

Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan Daerah (TGP2D) NTB bidang pariwisata Baiq Kartika memaparkan, penerapan new normal dengan prinsip Cleanliness, Healt dan Safety (CHS) yakni kebersihan, kesehatan, dan keselamatan.

Kebersihan, kata Kartika, keadaan bebas dari kotoran, termasuk debu, sampah, dan bau. Kesehatan adalah layanan yang menerapkan ketentuan kesehatan terhadap manusia dan lingkungan melalui kegiatan pencegahan, perawatan, pemantauan dan pengendalian.

Sedangkan keselamatan adalah keadaan bebas dari risiko, bahaya, pencemaran, ancaman, gangguan yang bersifat permanen dan non permanen.

Penerapan CHS di destinasi pariwisata harus melalui pendampingan dan skema program secara berkelanjutan. ”Penerapan new normal dan CHS melibatkan semua OPD terkait sesuai tupoksinya masing-masing,” katanya.

Destinasi wisata tiga gili rencananya dibuka 20 Juni. Namun sebelumnya, tanggal 11-13 Juni akan digelar bersih-bersih dengan tema Gili Gets Ready For New Normal Tourism. ”Pembukaan bertahap menuju tanggal 20 Juni,” kata Kepala Dinas Pariwisata NTB H Lalu Mohammad Faozal di tempat yang sama.

Ia menjelaskan, NTB akan menjadikan destinasi wisata tiga gili sebagai percontohan pembukaan pariwisata dengan protokol kesehatan.

Menurutnya, selama pandemi sektor pariwisata lumpuh total, praktis aktivitas industrinya mati suri. Banyak masyarakat yang terlibat di dalamnya menjadi pengangguran dan fasilitas perhotelan tidak beroperasi.

Pembukaan kembali objek wisata tiga gili, yaitu Gili Trawangan, Meno, dan Air diharapkan memulihkan industri pariwisata dan ekonomi. “Kami akan terus memberikan edukasi di kawasan wisata untuk tetap beraktivitas, namun dengan SOP new normal,” katanya.

Pemprov berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten Lombok Utara untuk memastikan pergerakan wisatawan yang datang ke tiga gili. Penerapan protokol kesehatan secara ketat juga harus dilakukan semua hotel, restoran maupun tempat wisata lainnya. (ili/r6)

 

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Lomba Kampung Sehat Bawa Berkah untuk Warga

Lomba kampung sehat di Lombok Tengah ternyata membawa keberkahan bagi warga. “Salah satunya, keberkahan perputaran ekonomi,” ujar Kapolsek Pringgarata AKP Suherdi, Senin (13/7).

Katanya Gak Boleh, Kok Ritel Modern di Lotim Makin Menjamur?

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Lotim memberikan lampu hijau bagi para investor yang hendak berinvestasi. Termasuk kehadiran ritel modern yang oleh beberapa pihak dianggap membunuh pedagang kecil. “Lotim ini zona hijau untuk berinvestasi,” kata  Kepala DPMPTSP Muksin pada Lombok Post, Senin (13/7).

Yuk.. Beli Sayur Segar di Embung Bengkel, Praya : Bisa Petik Sendiri!

Petani dan Pemerintah Kelurahan Leneng, Kecamatan Praya Lombok Tengah, mencoba meniru budi daya sayur di Sembalun, Lombok Timur. Berikut ulasannya.

Sempat Bebas Korona, Lombok Utara “Merah” Lagi

Sempat zero case (nol kasus) positif Covid-19, pertahanan KLU dalam melawan virus Korona jebol lagi. Dari rilis yang dikeluarkan gugus tugas tertanggal 13 Juli, ada dua pasien positif yang tengah dirawat, dan satu orang meninggal dunia.

Polemik di Tanjung Bias, BPN Sarankan Pemdes Senteluk Gugat ke PTUN

Polemik sempadan Pantai Tanjung Bias yang belakangan diketahui memiliki sertifikat lahan milik pribadi belum menemui titik terang. Permintaan pemerintah desa agar Badan Pertanahan Nasional (BPN) Lombok Barat (Lobar) membatalkan sertifikat lahan tersebut belum bisa terpenuhi.

Warga Lobar Boleh Ikuti Pemakaman Pasien Korona, Ini Syaratnya

Kasus pemulangan paksa jenazah pasien Covid-19 kian marak. Yang terbaru kasus warga Desa Mekarsari yang memulangkan paksa jenazah pasien Covid-19 di RSUD Kota Mataram.

Paling Sering Dibaca

Usai Pemakaman, Kades Sigerongan Lobar dan Lima Warga Lainnya Reaktif

Aktivitas di Kantor Desa Sigerongan lumpuh. Menyusul hasil rapid test kepala desa dan sejumlah warganya reaktif. Selama 14 hari ke depan, pelayanan di kantor desa ditiadakan sementara.

Ikuti Mataram, Lobar Berlakukan Jam Malam

erkembangan pandemi Covid-19 di Lombok Barat (Lobar) semakin mengkhawatirkan. Kasus positif yang mencapai 300 lebih, menjadi atensi penuh Polres Lobar dalam melakukan upaya pencegahan penularan.

Liburan di Sungai Dodokan Lobar, Bayar Rp 5 Ribu Wisata Sampai Puas

Orang kreatif bisa membuat peluangnya sendiri. Itulah yang dilakukan Siali, warga Desa Taman Ayu, Kecamatan Gerung. Ia membuat Sungai Dodokan jadi spot wisata baru di Lombok Barat (Lobar).

Tertangkap, Buron Pembunuh Polisi di Sumbawa Ditembak

Pelarian RH alias Bim terhenti pada Minggu pagi kemarin. Tersangka kasus penganiayaan yang menewaskan Uji Siswanto, Kanit Reskrim Polsek Utan tertangkap.

Korona NTB Masih Parah, Sekolah Hanya Bisa Dibuka di Kota Bima

Ketentuannya, kegiatan di sekolah pada tahun ajaran baru hanya diperbolehkan untuk daerah zona hijau. Karena itu, manakala ada pemerintah daerah yang nekat membuka sekolah non zona hijau. pemerintah pusat memastikan akan memberi sanksi.
Enable Notifications.    Ok No thanks